Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia Erick Thohir menegaskan komitmen PSSI untuk melakukan transformasi terhadap liga Indonesia menuju liga berkualitas terbaik di level Asia Tenggara dan Asia.

"Untuk (transformasi) liga, satu tahun ke depan, kami akan bongkar-bongkar, kami akan bersih-bersih," ujarnya dalam rekaman suara yang diterima di Jakarta, Kamis.

Ia mengemukakan hal itu berkaitan dengan upaya pembenahan kualitas kompetisi sepak bola liga Indonesia untuk meningkatkan ranking di tingkat Asia Tenggara maupun Asia.

Erick mengatakan akan melakukan bersih-bersih (memperbaiki kekurangan dalam tata kelola liga) karena ranking liga Indonesia masih jauh di bawah negara-negara lain.

Di level Asia, liga Indonesia masih berada di peringkat ke-28. Bahkan di Asia Tenggara, Indonesia berada di peringkat enam, tertinggal dari negara tetangga seperti Malaysia, Filipina, dan Singapura.

"Ini yang kami mau benar-benar liga ini harus ditransformasi," ujarnya.

Erick mengatakan, PSSI bekerja keras mentransformasi tim nasional Indonesia dalam satu tahun terakhir dan berhasil dilakukan, meskipun belum maksimal.

Tetapi untuk liga, ia melanjutkan, akan ada pembenahan besar-besaran dalam satu tahun ke depan dengan mengedepankan prinsip persatuan antara PSSI dengan para pengelola klub untuk menjadi yang terbaik.

"Sepak bola kita yang sudah luar biasa begini masa level liga kita di Asia Tenggara ranking enam di bawah Filipina, keterlaluan, liga (level) Asia kita rangking 28, keterlaluan," ujarnya.

Erick menambahkan, kondisi ranking liga Indonesia yang masih rendah tidak berarti harus ada pihak yang disalahkan dan saling menyalahkan, namun menuntut PSSI dan semua pihak terkait untuk melakukan transformasi demi kemajuan sepak bola di tanah air.

Baca juga: Erick pastikan terus dorong liga Indonesia jadi terbaik Asia Tenggara
Baca juga: PSSI ucapkan terima kasih kepada FIFA atas bantuan pembangunan NTC
Baca juga: Tanggapi pemain yang tidak mau dipanggil timnas, Erick: Kami cari lagi

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024