Denpasar (ANTARA) - Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, mencatat dalam setahun pesawat jumbo Airbus A380 sudah melayani 382 ribu penumpang melalui Bandara di Bali Selatan itu.

“Selama setahun pelayanan di Bandara I Gusti Ngurah Rai, pesawat A380 yang dioperasikan Emirates telah melakukan 726 pergerakan pesawat serta melayani 382.802 penumpang,” kata General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan.

Dalam keterangannya di Denpasar, Kamis, Handy menyebut 382.802 penumpang sejak 1 Juni 2023 lalu itu terdiri dari 193.911 penumpang datang dan 188.891 penumpang berangkat.

Diketahui pesawat komersial terbesar di dunia yang dioperasikan oleh Emirates itu pertama kali beroperasi secara reguler di Indonesia adalah di Bandara Ngurah Rai, sehingga pihak Angkasa Pura I mengapresiasi capaian ini.

“Bandara I Gusti Ngurah Rai menjadi bandara pertama di Indonesia yang melayani penerbangan pesawat Airbus A380-800, kami ucapkan apresiasi ke Emirates selaku operator, ground handling, serta seluruh instansi terkait,” ujar Handy.

Ia melaporkan selama setahun beroperasi tidak terdapat kendala signifikan pada pelayanan penerbangan Airbus A380, pihak bandara juga turut melakukan peninjauan secara berkala untuk memastikan operasional berjalan dengan aman dan lancar.

Pesawat raksasa itu terbang setiap hari melalui langit Bali dua kali sehari dengan rute Dubai-Bali-Dubai atau datang pukul 16.35 Wita dan kembali berangkat menuju Dubai International Airport pada pukul 19.40 Wita.

Di tahun 2024 sendiri secara keseluruhan hingga April Bandara Ngurah Rai sudah melayani 44.709 pergerakan pesawat dan 7.123.666 penumpang baik domestik maupun internasional.

Oleh karena itu, Handy mengaku terus berkoordinasi agar selain Airbus A380 turut bertambah penerbangan maupun rute yang menghubungkan Bali dengan domestik maupun internasional.

Country Manager Emirates untuk Indonesia Mohammad Al Attar menambahkan soal perasaan senangnya merayakan setahun menghubungkan Indonesia dengan Dubai.

“Pencapaian ini tidak bisa terwujud tanpa dukungan kuat dari otoritas setempat di Bandara I Gusti Ngurah Rai dan kerja keras dari mitra-mitra kami di Bali dan Indonesia, kami berharap dapat terus memberikan layanan terbaik dan memperkuat lagi hubungan kami di wilayah ini,” ujarnya.

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2024