Jakarta (ANTARA) - Peritel perlengkapan rumah tangga asal Swedia IKEA menunjukkan bahwa rancangan interior atau tatanan perabot (meja, kursi dan sebagainya) di dalam kamar bisa disesuaikan dengan tumbuh-kembang anak untuk mendukung fase baru pertumbuhan mereka.

"Ketika anak-anak tumbuh besar, furnitur di kamar mereka juga ikut tumbuh bersama mereka. Karena dari meja belajar maupun kursi bisa disetel sesuai dengan ketinggian atau postur dari si anak," kata Manajer Desain Interior IKEA Mal Taman Anggrek Dimas Haryo saat konferensi pers di Jakarta, Kamis.

Menurut Dimas, kursi dan meja yang nyaman dan sesuai postur tubuh anak dapat mengurangi kadar kelelahan dan meningkatkan konsentrasi.

Baca juga: Sulap suasana rumah untuk ciptakan kenyamanan bagi anak

Baca juga: Psikolog: hindari televisi di dalam kamar anak

 
Manajer Desain Interior IKEA Mal Taman Anggrek Dimas Haryo saat konferensi pers di pusat perbelanjaan kawasan Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Kamis (6/6/2024). ANTARA/Abdu Faisal

Jika memungkinkan, kata dia, ajak anak untuk memilih furnitur yang ingin dibeli untuk menambahkan persepsi milik pribadi pada barang di dalam kamar anak nanti.

"Bisa juga dengan menambah area personalisasi, misalnya papan pasak untuk menaruh gambar terbaik anak kalau mereka memang suka menggambar, supaya anak juga punya rasa memiliki area ini," kata Dimas.
Desain ruang belajar anak yang ditampilkan di salah satu pusat perbelanjaan kawasan Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Kamis (6/6/2024). ANTARA/Abdu Faisal


Kembangkan kreativitas mereka dengan alat yang mudah dijangkau saat ide mulai bermunculan, mulai dari buku catatan berwarna yang mudah dikenali ketika anak perlu mengingat kembali ide-ide mereka sebelumnya.

Kreativitas anak juga bisa dipacu dengan memajang lampu meja pilihan mereka. Dimas mengatakan fungsi lampu meja mungkin terdengar sepele, tapi itu penting.

Karena dengan lampu, anak akan lebih nyaman belajar dan aman untuk matanya karena meja menjadi lebih terang.
Manajer Desain Interior IKEA Mal Taman Anggrek Dimas Haryo saat konferensi pers di pusat perbelanjaan kawasan Grogol Petamburan, Jakarta Barat tersebut, Kamis (6/6/2024). ANTARA/Abdu Faisal

Menurut Dimas, memasang pelindung di sudut-sudut lancip seperti ujung meja juga penting untuk mengurangi risiko ketika terjadi benturan.

Lalu colokan listrik yang terbuka, menurut dia, orang tua perlu juga menyiapkan pengaman stop kontak atau boks untuk menyimpan colokan agar colokan terhindar dari sentuhan anak secara sembarangan.

Dimas juga menganjurkan untuk kamar anak memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk buku, alat tulis, dan perlengkapan belajar lainnya.

Saat anak sedang tidak sibuk mengerjakan jadwal aktivitasnya, bantu mereka membangun rasa bangga ketika berhasil menata barang-barangnya dengan rapi dalam laci penyimpanannya. Karena itu keberadaan ruang penyimpanan menjadi penting sebagai suatu edukasi kemandirian.

Terkait pewarnaan kamar, menurut Dimas, sebaiknya mempergunakan warna-warna yang cerah untuk meningkatkan fokus belajar dan menghindari gangguan yang tidak perlu saat belajar.
Manajer Desain Interior IKEA Mal Taman Anggrek Dimas Haryo saat konferensi pers di pusat perbelanjaan kawasan Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Kamis (6/6/2024). ANTARA/Abdu Faisal

Untuk anak yang terbiasa hidup dengan perkembangan teknologi, orang tua pun bisa mengakomodasi kebutuhan untuk melakukan banyak hal dengan mendekatkan jangkauan perangkat yang membantu mereka bersosialisasi, mengerjakan pekerjaan rumah, atau memainkan permainan kompetitif.

Berikan ruang untuk tablet favorit atau gawai lainnya dengan dudukan tablet multifungsi, yang bisa juga untuk menggantungkan headset.
Desain perabotan di meja anak yang ditampilkan di salah satu pusat perbelanjaan kawasan Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Kamis (6/6/2024). ANTARA/Abdu Faisal


Lalu untuk kursinya juga, saat ini ada yang versi lebih ergonomis dengan bahan kulit serat sintetis, poliuretan (PU).

"Siapa tahu nanti anak-anak mungkin bercita-cita menjadi atlet e-sport. Dengan menyiapkan perabotan sesuai dengan fungsi tersebut, kita jadi bisa mendukung cita-cita mereka," kata Dimas.


Baca juga: Gaya hidup higienis bisa dimulai dari toilet rumah

Baca juga: Pentingnya manajemen kualitas udara agar anak aman belajar di ruangan

Baca juga: Lima panduan membuat ruangan belajar anak yang menyenangkan

 
Desain kursi di kamar anak yang ditampilkan di salah satu pusat perbelanjaan kawasan Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Kamis (6/6/2024). ANTARA/Abdu Faisal
​​​​​

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2024