Gorontal (ANTARA) - Universitas Negeri Gorontalo (UNG) melakukan pendampingan pada kelompok mahasiswa penerima hibah tiga program di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Tiga program tersebut yaitu Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Program Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa), dan Program Pengembangan Usaha Mahasiswa (P2MW).

"Pada program itu UNG berhasil meraih 38 proposal yang lolos pendanaan yang terdiri atas 19 proposal untuk PKM, lima proposal untuk PPK Ormawa, dan 14 proposal pada P2MW," kata Ketua Panitia Pendampingan Mohammad Rizky Payu, di Gorontalo, Kamis.

Baca juga: Mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo ikuti program "Sakura Science"

Selain itu, kata dia, kelompok mahasiswa itu berasal dari sejumlah fakultas di lingkungan UNG.

Ia menyebutkan sejumlah fakultas itu antara lain Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Kelautan dan Teknologi Perikanan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Kedokteran, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Sastra dan Budaya, Fakultas Teknik, dan Fakultas Olahraga dan Kesehatan.

Baca juga: Universitas Negeri Gorontalo mendapat hibah lahan dari Pemkab Bone Bolango

"Adapun total pendanaan sebesar Rp567,9 juta. Oleh karena itu, dukungan fakultas terhadap program kreativitas mahasiswa memberikan peranan yang sangat penting terhadap kesuksesan setiap pelaksanaan kegiatan," katanya.

Rektor UNG Eduart Wolok mengatakan keikutsertaan mahasiswa dalam kegiatan itu akan berbuah hasil maksimal bukan hanya untuk UNG tetapi juga akan menjadi bekal kesuksesan mahasiswa dalam merajut dan meraih cita-cita.

Baca juga: UNG dorong mahasiswa menulis hasil penelitian dalam bentuk buku

Eduart berharap pada tahun 2024 mahasiswa tidak hanya sekadar lolos saja tetapi harus berhasil ke tahap yang paling baik.

"Kita tidak hanya ikut serta atau berpartisipasi saja, tetapi harus berorientasi pada peningkatan capaian output dari lolosnya keikutsertaan supaya prestasi mahasiswa meningkat," kata Eduart.

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024