Jakarta (ANTARA) - Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan sudah mengeluarkan sejumlah rekomendasi dan pelatihan terhadap figur yang akan maju pada Pilkada Serentak 2024.

Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto saat menjawab awak media di Sekolah Partai PDI Perjuangan, Jakarta Selatan, Kamis.

"Kami juga sudah keluarkan (rekomendasi), bahkan juga sudah dilakukan pelatihan-pelatihan. Daerah-daerah yang bisa maju sendiri, kami prioritaskan," kata Hasto.

Dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDI Perjuangan, kata dia, sudah memberikan arahan mengenai prioritas partai untuk menghadapi pilkada.

Dalam rakernas, menurut dia, sudah dibahas daerah-daerah yang di bawah 10 persen. Kalau ada kader yang maju, pihaknya dorong untuk kerja sama politik, kemudian antara 11 dan 19 persen untuk segera membangun kerja sama.

"Melihat bahwa PDI Perjuangan ini memiliki militansi tinggi dan juga dipercaya rakyat menang pemilu tiga kali berturut-turut, dengan modal penambahan kursi yang ada di DPRD tingkat kabupaten/kota ini menjadi dasar dalam membangun kerja sama," ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga sudah mencermati setidaknya lima daerah strategis pada Pilkada Serentak 2024.

"Beberapa daerah-daerah strategis dicermati kami sudah menyelesaikan ada sekitar lima provinsi untuk level gubernur. Akan tetapi, daerah-daerah yang lain terus tiap minggu kami godok," ujar Hasto.

Politisi asal Yogyakarta ini menyebutkan setidaknya sudah ada 70 rekomendasi dukungan diberikan partainya untuk kabupaten/kota pada pilkada, seperti Surabaya.

"Sudah ada, jadi surat-surat tugas contohnya Surabaya itu pasangannya tetap, itu Pak Eri Cahyadi dan wakilnya Armuji. Di Kabupaten Trenggalek itu juga sudah dikeluarkan, kemudian di beberapa wilayah di Kalimantan, Kutai Kartanegara itu udah banyak, maka ada 70 rekomendasi," katanya.

Adapun untuk wilayah seperti Jakarta, kata Hasto, masih akan dicermati. Begitu pula di Jawa Tengah masih dipetakan, lalu Bali juga masih pencermatan.

Baca juga: PDIP tegaskan tak usung Bobby Nasution pada Pilkada Sumut
Baca juga: Hasto siap penuhi panggilan KPK sebagai saksi kasus Harun Masiku

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2024