Banjarmasin (ANTARA) - Universitas Lambung Mangkurat (ULM) meluluskan Program Doktor Ilmu Lingkungan pertama di perguruan tinggi negeri (PTN) di Kalimantan atas nama Pardi Affandi.

"Kelulusan saudara Pardi Affandi ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi ULM," kata Wakil Rektor I Bidang Akademik ULM, Iwan Aflanie di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis.

Baca juga: ULM buka Program Doktor Administrasi Pendidikan

Program Doktor Ilmu Lingkungan ULM pertama kali menerima mahasiswa baru angkatan pertama tahun 2022.

Selama masa studi dua tahun 10 bulan, Pardi Affandi menghasilkan dua karya ilmiah yang diterbitkan di Jurnal Internasional Bereputasi Scopus dengan peringkat Q4 dan Q1.

Adapun disertasi yang diajukan berjudul “Model Matematika Epidemiologi Demam Berdarah Dengue.

Iwan, mewakili Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri mengatakan Program Doktor Ilmu Lingkungan ULM yang saat ini terakreditasi baik sekali oleh BAN-PT adalah program doktor multidisiplin yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia unggul.

Lulusan program ini mampu menjawab permasalahan lingkungan dan pengelolaan sumber daya alam (SDA).

Baca juga: Universitas Lambung Mangkurat tambah tiga program doktor baru

Baca juga: Amel, wanita pertama di dunia bergelar doktor konservasi bekantan


Program ini mensinergikan perkembangan teknologi dan inovasi dalam pemanfaatan lingkungan lahan basah yang berkelanjutan.

Saat ini ULM memiliki sembilan program doktor (S3) pada Program Pascasarjana, yakni Program Doktor Ilmu Pertanian, Studi Pembangunan, Ilmu Lingkungan, Hukum, Ilmu Kedokteran, Ilmu Manajemen, Administrasi Pendidikan, Bahasa Indonesia, dan Program Doktor Pendidikan IPS.

Pewarta: Firman
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2024