Jakarta (ANTARA) - Pelaksanaan Rapat Kerja Teknis Staf Sumber Daya Manusia (Rakernis SSDM) Polri tahun anggaran 2024 selain berkomitmen mewujudkan SDM kepolisian yang unggul dan presisi, juga mendukung upaya pelestarian budaya serta membantu memajukan UMKM lokal.

Upaya ini diperlihatkan dari tema yang diusung serta penggunaan peci manik khas Kalimantan Timur yang digunakan oleh para peserta Rakernis SSDM Polri, termasuk Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo dan para pejabat utama (PJU) di lingkungan Mabes Polri.

“Betul (ini) peci dari suku Kalimantan Timur. Dibuat oleh UMKM dari masyarakat adat dayak di Kaltim,” kata Asisten Kapolri Bidang SDM (As SDM) Irjen Pol. Dedi Prasetyo dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.

Hampir semua peserta Rakernis SSDM Polri mengenakan peci tersebut. Peci atau songkok manik dengan warna-warna terang dan bermotif kerajinan khas Dayak Kalimantan.

Pemilihan peci manik Kalimantan Timur ini, kata Dedi, selaras dengan tema Rakenis SSDM Polri 2024, yakni “SDM Polri Presisi Siap Wujudkan SDM Unggul Menuju Indonesia Emas 2045”.

Pemilihan peci manik Kalimantan Timur, juga diketahui Ibu Kota Nusantara (IKN) berada di wilayah Timur pulau Kalimantan. Ini dimaknai, Polri turut mendukung program pemerintah di IKN.

Menurut mantan Kadiv Humas Polri ini, hampir dalam setiap rakenis semua satuan kerja, khususnya SSDM Polri melibatkan UMKM, seperti saat rapat koordinasi pembinaan fungsi (Rakorbim) SSDM Polri tahun 2023, juga menggandeng puluhan UMKM mengikut Presisi Preneur Expo.

Dalam pelestarian budaya, Polri juga beberapa kali menggelar pertunjukan wayang kulit pada momen HUT Bhayangkara tahun 2022 dan 2023. Bahkan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo juga pernah menjadi pemeran dalam pertunjukan wayang orang yang dihelat oleh TNI pada Januari 2023 di Taman ismail Marzuki (TIM).

“Betul sekali, selain melestarikan kearifan lokal atau budaya juga untuk membantu ekonomi UMKM di daerah. Tahun lalu, Rakorbin SDM juga mengundang UMKM daerah untuk jualan di Jakarta dan Alhamdulillah sangat antusias dan membantu perekonomian penggiat UMKM,” kata Dedi.

Baca juga: AS SDM Polri targetkan nihil kecelakaan pada rekrutmen 2024
Baca juga: Kompolnas rekomendasikan audit investigasi penyidikan kasus Vina


Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2024