Ankara (ANTARA) - Peristiwa tabrakan antara kereta penumpang dengan kereta barang di Republik Ceko menyebabkan empat orang tewas dan 23 lainnya terluka, menurut pihak berwenang pada Kamis.

"Kereta penumpang dan barang bertabrakan di Pardubice," yang terletak sekitar 100km timur Praha, kata pihak kepolisian setempat pada X.

“Semua unit Sistem Penyelamatan Terpadu (IRS) saat ini sedang merespons lokasi kejadian, rencana menghadapi trauma telah diumumkan, ada banyak orang yang terluka di tempat kejadian, kami tidak bisa mengesampingkan bahkan korban tewas,” kata mereka.

"Penyelidik kriminal akan menyelidiki penyebab dan keadaan kecelakaan," tambah polisi.

Sambil menyampaikan belasungkawa yang mendalam kepada keluarga korban, Perdana Menteri Ceko Petr Fiala mengatakan di X: “Tabrakan dua kereta di Pardubice adalah kemalangan besar. Kami semua memikirkan para korban dan yang terluka.”

Menteri Dalam Negeri Vit Rakusan mengatakan pada X: “Saat ini, evakuasi penumpang dari kereta dan identifikasi mereka terus berlanjut, dan bantuan psikologis juga diberikan kepada mereka langsung di lokasi stasiun.”

Sayangnya, selain menyebabkan lebih dari dua lusin orang terluka, tabrakan kereta tersebut juga memakan korban jiwa 4 orang, kata Rakusan.

Dia juga menyampaikan belasungkawa "kepada keluarga para korban", dan mengharapkan mereka cepat pulih dari lukanya.

Belakangan, Rakusan mengatakan tidak ada seorang pun di antara orang-orang yang terluka yang berada dalam kondisi yang mengancam jiwa.

Menurut situs Euronews, tim penyelamat mengatakan bahwa lebih dari 300 penumpang berada di dalam kereta berkecepatan tinggi menuju Kosice, Slovakia tersebut.

“Kami tidak bisa dan tidak akan berspekulasi mengenai penyebab kecelakaan itu,” kata Menteri Transportasi Martin Kupka seperti dikutip situs Euronews.

Kereta tersebut dimiliki oleh perusahaan swasta RegioJet, sebut situs itu.

Sumber: Anadolu

Baca juga: Jaringan kereta barang China-Eropa jangkau seluruh Eropa
Baca juga: Layanan kereta kargo China-Eropa tumbuh solid pada 2024
Baca juga: Perjalanan kereta barang China-Eropa tembus 77.000 dalam 10 tahun

Pewarta: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: M Razi Rahman
COPYRIGHT © ANTARA 2024