Purwokerto (ANTARA) - Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang Partai Gerindra Kabupaten Banyumas Rachmat Imanda mendapatkan dukungan dari 27 pimpinan anak cabang (PAC) untuk menjadi bakal calon bupati (bacabup) pada Pilkada Banyumas 2024.

Berkas dukungan tersebut diserahkan perwakilan PAC Partai Gerindra kepada Racmat Imanda sesaat sebelum anggota DPRD Kabupaten Banyumas itu mengembalikan formulir pendaftaran bacabup di Kantor Sekretariat DPC Partai Gerindra Kabupaten Banyumas, Kamis sore.

"Dukungan ini akan saya lampirkan pada berkas pendaftaran bacabup," kata Imanda.

Baca juga: Sekretaris Partai Gerindra Banyumas pastikan maju sebagai bacabup

Setelah menerima berkas dukungan tersebut, dia pun segera menyerahkan formulir pendaftaran bacabup kepada Desk Pilkada DPC Partai Gerindra Kabupaten Banyumas.

Ditemui usai mengembalikan formulir pendaftaran, dia mengaku telah menjalani dua tahapan penjaringan bacabup dan bakal calon wakil bupati (bacawabup) yang dilaksanakan DPC Partai Gerindra Kabupaten Banyumas.

"Setelah kemarin 1 minggu yang lalu mengambil formulir, hari ini saya mengembalikan formulir, dan bismillah saya mengikuti prosesnya," katanya.

Baca juga: Bawaslu Banyumas perpanjang masa pendaftaran calon panwaslucam

Berdasarkan informasi dari Desk Pilkada, kata dia, akan ada undangan dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Provinsi Jawa Tengah untuk mengikuti pendalaman pada pekan depan.

Lebih lanjut, dia mengaku terharu atas dukungan yang diberikan oleh 27 PAC Partai Gerindra se-Banyumas.

"Ada tanggung jawab besar, tanggung jawab besar bagaimana marwah partai harus kami perjuangkan dengan maksimum," kata Imanda didampingi istri Arum Listyani.

Baca juga: Bawaslu Banyumas segera rekrut panwaslucam untuk Pilkada Serentak 2024

Sementara itu, Ketua Desk Pilkada DPC Partai Gerindra Kabupaten Banyumas Bobby Listyo Widjatmoko mengatakan sejak penjaringan bacabup dan cawabup tersebut dibuka pada Kamis (23/5) siang tercatat sebanyak 8 orang yang mengambil formulir di Partai Gerindra.

Selain itu, kata dia, terdapat 3 orang yang berkomunikasi melalui telepon namun hingga saat ini tidak mengambil formulir pendaftaran.

"Dari 8 orang yang mengambil formulir, hingga hari ini (6/6) tercatat sebanyak 5 orang yang telah mengembalikan formulir, terdiri atas 3 orang bacabup dan 2 orang bacawabup," katanya.

Baca juga: Bamusi minta semua pihak jaga suasana kondusif pilkada serentak

Terkait dengan 3 orang yang telah mengambil formulir, dia mengatakan pihaknya hingga saat ini belum ada konfirmasi mengenai rencana pengembalian formulir dari yang bersangkutan.

Dengan demikian, kata dia, tidak menutup kemungkinan Rachmat Imanda menjadi bacabup terakhir yang mendaftar di DPC Partai Gerindra Kabupaten Banyumas karena pengembalian formulir pendaftaran akan berakhir pada hari Sabtu (8/6).

"Bakal calon yang berasal dari kader internal Partai Gerindra hanya satu, Pak Imanda," kata Bobby.

Baca juga: Bawaslu awali patroli pilkada di Banyumas
Baca juga: Kiai Banyumas dan Cilacap restui Sudirman-Ida

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Tunggul Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2024