Melbourne (ANTARA News) - Petenis Jepang yang menjadi unggulan ke-16 Kei Nishikori menumbangkan petenis tuan rumah berperingkat 54 Marinko Matosevic yang dijuluki "Anjing Gila" oleh sebagian publik Australia dalam permaian berdurasi tiga jam 41 menit pada babak pertama Australia Terbuka dalam skor 6-3, 5-7, 6-2, 4-6, 6-2.

Dilatih Michael Chang, Nishikori yang mengalahkan Tomas Berdych pada final eksibisi Kooyong Classic di Melbourne akhir pekan lalu, akan menghadapi petenis Serbia Dusan Lajovic di babak kedua.

"Saya senang bisa menang. Ini bukan kondisi mudah dengan panas dan angin seperti ini," kata dia seperti dikutip AFP.

Mantan juara Prancis Terbuka, Michael Chang, kini menjadi pelatihnya dengan sasaran masuk ke deretan petenis top 10 dunia.

Nishikori yang disebut-sebut petenis putra paling sukses di Asia ini mencapai babak delapan besar Australia Terbuka 2012, dan tampil pada babak keempat Prancis Terbuka 2013 yang membuatnya menjadi petenis Jepang pertama dalam 75 tahun yang maju sejauh itu.

Sementara itu Matosevic marah-marah usai kekalahan ini, diantaranya dia alamatkan kepada pelatihnya yang mantan pemain ganda legendaris Australia, Mark Woodforde.

"Saya ingin pelatih saya mendukung saya dengan vokal, tapi ternyata dia tidak," kata Matosevic. "Saya pemain yang menyukai dukungan dan memerlukan serta menginginkan itu. Jadi, jika pelatih saya hanya berdiri dan tepuk tangan, saya minta yang lebih."

Matosevic juga terganggu dengan julukan "anjing gila" kepadanya. "Ya, mendengar sebutan bodoh itu," kata dia. "Karena itu bukan julukan saya. Orang-orang idiot memasukkan itu ke Wikipedia."

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2014