Jakarta (ANTARA) - Organisasi filantropi Tanoto Foundation resmi meluncurkan Tanoto Foundation Fellowship Program sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

"Inisiatif baru ini merupakan bentuk komitmen berkelanjutan kami dalam meningkatkan sumber daya manusia, khususnya di Indonesia," kata Country Head Tanoto Foundation Indonesia Inge Kusuma dalam kegiatan peluncuran program tersebut di Museum Kebangkitan Nasional di Jakarta, Kamis.

Inge mengatakan Tanoto Foundation Fellowship bertujuan untuk menciptakan aktor-aktor pembangunan di bidang pendidikan melalui kesempatan eksklusif untuk belajar dan terjun secara langsung ke dalam ekosistem pendidikan di daerah-daerah intervensi Tanoto Foundation selama satu tahun penuh.

Ia mengungkapkan pihaknya sejak 1981 silam telah melakukan berbagai upaya kerja sama dengan pemerintah, sebagai mitra pembangunan dalam usaha-usaha peningkatan sumber daya manusia melalui pendidikan.

Hal ini, kata Inge, didasari keyakinan bahwa pendidikan yang berkualitas mempercepat terciptanya kesetaraan peluang.

Baca juga: Tanoto Foundation gandeng penerima KIP-K perluas manfaat beasiswa
Baca juga: Kemenkes-Tanoto kembangkan modul pembelajaran digital kader posyandu


Oleh karena itu, untuk tahun pertama, Tanoto Foundation Fellowship Program akan berfokus di bidang pendidikan sesuai dengan program-program yang sudah dijalankan oleh Tanoto Foundation selama ini.

"Saya harap program ini dapat menghasilkan para pemimpin yang handal, yang dapat meneruskan tongkat estafet pembangunan di masa depan, dan pemimpin yang dapat memberikan dampak positif serta berkelanjutan untuk kejayaan Indonesia," ujarnya.

Upaya Tanoto memperoleh apresiasi dari Deputi Bidang Pembangunan Manusia Masyarakat dan Kebudayaan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Amich Alhumami yang mengatakan upaya mempersiapkan manusia-manusia unggul sama pentingnya dengan infrastruktur, ekonomi, dan sektor lainnya, bahkan menjadi kunci dalam pembangunan bangsa.

"Tanoto Foundation sejauh ini menjadi salah satu yang sudah menunjukkan komitmen untuk fokus di pendidikan yang merupakan tulang punggung pembangunan bangsa. Kini melalui Tanoto Foundation Fellowship Program, kami harap lahir manusia-manusia unggul yang membantu pembangunan bangsa Indonesia melalui jalur pendidikan," ujar Amich.

Baca juga: Tanoto Foundation dirikan "Rumah Anak Sigap" dukung pengasuhan optimal
Baca juga: 20 mahasiswa Unhas lolos hibah riset UNESCO-Tanoto Foundation


Untuk diketahui, Tanoto Foundation Fellowship Program terbuka untuk generasi muda dengan usia maksimal 26 tahun dan sudah menyelesaikan pendidikan tinggi minimal setingkat sarjana.

Peserta yang terpilih harus berkomitmen untuk mengikuti program Fellowship yang terdiri dari lima tahapan, di antaranya seperti orientasi, pengenalan ekosistem, desain inisiatif, implementasi inisiatif, dan refleksi akhir. Kemudian, peserta juga menghadiri kegiatan leadership camp guna menanamkan nilai-nilai kepemimpinan dan pola pikir dampak yang berkelanjutan.

Setelah program selesai, peserta dapat terus berkontribusi dan melipatgandakan dampak untuk pembangunan Indonesia melalui organisasi atau tempat mereka bekerja, dan mereka juga dapat mengembangkan inisiatif atau usaha sosial milik sendiri.

Selain itu, para Tanoto Fellows akan menjadi bagian dari Tanoto Foundation Fellows Network yang dapat dijadikan sebagai wadah belajar sepanjang hayat dan mitra kolaborasi. Pendaftaran calon peserta program ini dapat diakses melalui tautan bit.ly/TF-Fellowship2024.

Baca juga: Tanoto Foundation usung pendidikan agar jadi filantropi berkelas dunia
Baca juga: Tanoto Foundation gelar program pendidikan untuk bangun karakter

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2024