Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga menyerahkan penghargaan kepada 14 perempuan yang berkontribusi positif dan menginspirasi di berbagai bidang dalam acara penghargaan Gatra Citra Perempuan Indonesia (GCPI) 2024.

"Selamat kepada para penerima anugerah, dengan adanya penganugerahan ini saya berharap dapat semakin meningkatkan komitmen kita untuk terus mendorong dan memperkuat peran perempuan dalam segala aspek kehidupan," kata Bintang Puspayoga dalam keterangan, di Jakarta, Kamis.

Penghargaan yang diprakarsai oleh KemenPPPA, Yayasan Duta Indonesia Maju, dan didukung oleh Gatra Media Group ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas kerja-kerja baik perempuan dalam bentuk diplomasi seni dan budaya, kesehatan, lingkungan, bisnis pertanian, kecantikan, karya busana, inovasi pengembangan dalam bidang sosial ekonomi, pendidikan, keagamaan, dan penanaman nilai-nilai nasionalisme.

Baca juga: Megawati hingga Menteri PPPA jadi perempuan inspiratif cegah stunting
Baca juga: Gubernur apresiasi delapan perempuan Banten inspiratif

Bintang Puspayoga menuturkan kegiatan ini memiliki pesan kunci yakni sebagai upaya untuk menginspirasi kepada para perempuan dan menggugah kesadaran publik akan persepsi dan anggapan tentang kedudukan dan peran perempuan.

"Begitu banyak perempuan Indonesia yang memiliki kesadaran dan keinginan untuk maju. Namun seringkali mimpi perempuan tertutupi oleh paham budaya serta rentan mengalami kekerasan. Para perempuan yang menginspirasi inilah yang sesungguhnya memiliki kekuatan bagi perempuan lain untuk meyakinkan dirinya. Perempuan menginspirasi perempuan," katanya.

Pihaknya menyampaikan apresiasi kepada Pendiri dan Ketua Umum Yayasan Duta Indonesia Maju, Lisa Ayodhia, yang telah menggagas acara ini, khususnya dalam mendorong, mempromosikan, dan menjangkau perempuan-perempuan berbakat untuk sama-sama berkarya dan tampil sebagai perempuan yang menginspirasi perempuan lainnya.

"Teruslah berkarya, teruslah menginspirasi, dan teruslah menjadi teladan bagi kita semua. Semoga apa yang telah dilakukan dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan khususnya bagi kaum perempuan," kata Bintang Puspayoga.

Baca juga: Kisah Sabrina & Sarah Soewatdy dobrak dominasi di industri teknologi
Baca juga: Komisaris Utama Pegadaian Dinobatkan Sebagai Perempuan Inspiratif di Sektor Pengembangan UMKM
Baca juga: Perempuan inspiratif di balik pelestarian tenun Tidore

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2024