Manado (ANTARA) -
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Utara Limi Mokodompit meminta langkah bersama-sama membersihkan pantai dan laut dari sampah untuk tidak dihentikan.
 
"Mari kita terus menjaga lingkungan pesisir, mari kita jaga laut kita. Jangan hentikan langkah kita membersihkan pantai dan laut dari sampah," kata Limi terkait momentum Bulan Cinta Laut di Manado, Kamis.

Baca juga: Wanita penyelam deklarasi laut bersih
 
Menurut dia, menjaga kelestarian lingkungan akan memberikan kontribusi terhadap pembangunan daerah di berbagai sektor yang muaranya mengoptimalkan upaya bersama memajukan daerah dalam mewujudkan kesejahteraan secara menyeluruh.
 
Ia mengataka untuk melestarikan keanekaragaman hayati pesisir dan laut, serta mendukung pengembangan pariwisata alam dibutuhkan kesadaran, keteguhan tekad, komitmen, dan sinergi segenap pemangku kepentingan.
 
"Upaya-upaya pelestarian yang terus dilaksanakan ini untuk menghindari penurunan kualitas dan kuantitas sumber daya alam hayati serta ekosistem," ujarnya.
 
Karenanya, menurut dia, kesadaran menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan harus terus terjaga serta kemitraan dalam pengelolaan sumber daya alam harus terus dipertahankan, sehingga akan menunjang berbagai sektor pembangunan, terutama kelautan dan perikanan.
 
"Bersih-bersih laut yang dilakukan akan membantu menjaga kuantitas dan kualitas sumber daya alam hayati serta kebersihan dan kelestarian lingkungan di daerah," katanya.

Baca juga: Manado segera punya kapal penyedot sampah laut

Baca juga: Lantamal VIII bersih-bersih bawah laut belasan meter di Megamas Manado
 
Momentum gerakan bersih-bersih pantai dalam rangka Bulan Cinta Laut tahun ini semakin membuktikan tekad dan komitmen dalam menjaga kebersihan lingkungan pantai serta pesisir dan laut.
 
Acara yang diinisiasi sekretariat Coral Triangle Initiative on Coral Reefs, Fisheries, and Food Security (CTI-CFF) tersebut dalam rangka peringatan Coral Triangle Day yang jatuh ada tanggal 9 Juni 2024.

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2024