Pangkalpinang (ANTARA) - Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyalurkan bantuan beras program cadangan pangan pemerintah kepada sebanyak 1.422 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kecamatan Rangkui.

"Untuk penyaluran bantuan periode Mei 2024 ini kita bekerja sama dengan PT Pos Indonesia Cabang Pangkalpinang, seluruh warga penerima manfaat mengambil ke Kantor Pos," kata Pelaksana Tugas Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kota Pangkalpinang Juhaini, di Pangkalpinang, Kamis.

Baca juga: Pemkot Pekalongan mulai salurkan bantuan pangan cadangan beras KPM 

Ia mengatakan pemerintah telah menyalurkan bantuan beras kepada keluarga penerima manfaat di Kecamatan Rangkui, masing-masing keluarga menerima 10 kilogram beras. Kemudian akan dibagikan ke tujuh kecamatan.

Juhaini mengatakan bantuan yang diberikan ini diharapkan dapat membantu keluarga penerima manfaat dan menekan angka inflasi di Pangkalpinang.

Baca juga: Pemkab Nagan Raya salurkan 161.188 kg beras untuk warga miskin

"Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, inflasi di Pangkalpinang pada Mei 2024 yang dirilis pada Juni yakni 1,97 persen. Salah satu penyumbang terbesar yakni kelompok makanan, minuman, dan tembakau," katanya.

Ia mengatakan, beras menyumbang 0,9 persen untuk inflasi Mei 2024 dan untuk inflasi month to month negatif, yang berarti Pangkalpinang deflasi 0,34 persen.

Baca juga: Pemerintah Kota Mataram distribusikan 382,3 ton beras CPP

"Kami harapkan dengan bantuan ini dapat menstabilkan harga pangan di Pangkalpinang dan membantu masyarakat, apalagi ini mau perayaan Idul Adha. Semoga bermanfaat dan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024