Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu (Ditjen Bimas Hindu) Kementerian Agama meluncurkan maskot dan jingle untuk perhelatan Utsawa Dharmagita (UDG) Tingkat Nasional XV Tahun 2024.

"Maskot UDG Nasional XV 2024, yaitu Hanoman dengan nama Maruti yang digambarkan dengan busana pewayangan Jawa dengan memegang gita dan seruling," kata Dirjen Bimas Hindu, I Nengah Duija dalam keterangan di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Kemenag: Widyalaya adalah terobosan baru pendidikan Hindu di Indonesia

Peluncuran ini sekaligus menandai akan dimulainya perhelatan Utsawa Dharmagita tingkat nasional yang dilaksanakan sekali dalam tiga tahun, dan  tahun ini digelar di Surakarta pada 8 - 12 Juli 2024.

Nilai filosofis-nya yaitu Hanoman dikenal sebagai sosok pemberani, sopan, santun, setia dan enerjik yang melambangkan empat karakter manusia Hindu yaitu siddhi (cerdas), siddha (terampil), suddha (jujur), dan saddhu (bijaksana).

Busana pewayangan Jawa merepresentasikan seni dan kebudayaan Jawa sebagai tempat pelaksanaan UDG Tingkat Nasional XV Tahun 2024 di Surakarta yang kental dengan budaya Jawa.

"Gita dan seruling merepresentasikan bidang perlombaan yang utama pada UDG, yakni nyanyian dan kidung suci umat Hindu," kata Duija.

Dharmagīta adalah seni melafalkan kitab-kitab suci weda.

"Dharmagīta sebagai nyanyian suci keagamaan Hindu memiliki peran sangat penting dalam meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan ajaran agama Hindu di seluruh Indonesia," katanya.

Baca juga: Kemenag resmikan Widyalaya sebagai satuan pendidikan khas Hindu

Baca juga: Pemerintah dukung Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri jadi institut


Dharmagīta dilombakan dalam bentuk Utsawa Dharmagīta dari tingkat daerah sampai tingkat nasional dengan pembinaan yang dilaksanakan oleh Lembaga Pengembangan Dharmagīta (LPDG) di tingkat daerah dan tingkat pusat.

Duija mengatakan keberadaan Dharmagīta di kalangan umat Hindu memiliki keragaman dalam bahasa, irama lagu, dan cara- cara melantunkannya.

Sehingga, ini bisa untuk mengantarkan umat Hindu pada kekayaan budaya di bidang seni yang tak terbatas dalam memberi dukungan dan membangkitkan spiritual keagamaan Hindu sesuai dengan budaya daerah masing-masing atau dalam meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan ajaran agama Hindu.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2024