Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan perlunya pengembangan industri kepelabuhanan yang efisien dan berkelanjutan, untuk mendukung pencapaian visi Indonesia Emas 2045.

“Pengembangan industri jasa kepelabuhanan yang efisien dan berkelanjutan menjadi kunci dalam mendukung pencapaian visi Indonesia Emas 2045," kata Menhub saat menghadiri Seminar Nasional dan Rapat Kerja Nasional Asosiasi Badan Usaha Pelabuhan Indonesia (ABUPI) di Jakarta, Kamis.

Menhub menuturkan bahwa hal itu sangat penting sebab pelabuhan merupakan pintu gerbang aktivitas ekonomi dan memegang peranan penting dalam rantai distribusi logistik nasional.

Menurut Budi, seiring dengan perkembangan globalisasi dan kemajuan teknologi, industri jasa kepelabuhanan di Indonesia dituntut untuk terus berinovasi dan meningkatkan efisiensi.

Ia menyebutkan beberapa hal penting perlu dilakukan bagi pelaku industri kepelabuhanan dalam menghadapi perkembangan teknologi dan globalisasi. Pertama, modernisasi infrastruktur pelabuhan harus terus dilakukan untuk meningkatkan kapasitas dan efisiensi operasional.

"Teknologi dalam manajemen kepelabuhanan sangat penting untuk meningkatkan transparansi, kecepatan, dan akurasi layanan," ujarnya.

Kedua, pengembangan SDM yang andal dan berkompeten harus menjadi prioritas. Untuk itu, pelatihan dan pendidikan berkelanjutan bagi tenaga kerja perlu terus ditingkatkan agar mampu menghadapi tantangan dan tuntutan industri yang semakin kompleks.

Selanjutnya, Menhub mendorong kolaborasi dan sinergi antara pemerintah, pelaku industri, akademisi, dan masyarakat untuk menciptakan ekosistem kepelabuhanan yang berdaya saing.

Sinergi antar pemangku kepentingan, lanjut Menhub, juga akan mendorong terciptanya inovasi dan solusi dalam menghadapi berbagai tantangan.

Terakhir, Menhub menekankan perlunya standar pelayanan yang tinggi dan adaptasi terhadap best practices global. "Kita harus mampu menjadikan Indonesia sebagai hub logistik di kawasan Asia Tenggara," papar Menhub.

Menhub juga mengajak seluruh pemangku kepentingan di industri kepelabuhanan bersama-sama berkomitmen untuk mewujudkan visi Indonesia Emas 2045 dengan penuh dedikasi dan integritas.

”Dengan kerja keras, inovasi dan kerja sama yang erat, saya yakin industri jasa kepelabuhanan Indonesia akan mampu menjadi jembatan yang kokoh menuju Indonesia Emas 2045,” imbuh Menhub.

Baca juga: Menhub tekankan Dirjen Perhubungan Darat yang baru agar berintegritas
Baca juga: Menhub sebut kepuasan masyarakat pada angkutan Lebaran 2024 meningkat
Baca juga: Kemenhub dukung penyediaan kendaraan listrik di kawasan IKN


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2024