Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir memberikan petuah untuk menenangkan kiper Timnas Indonesia Ernando Ari usai dikalahkan Timnas Irak dengan skor 2-0.

"Do (Ernando Ari) kenapa? kenapa? enggak ada salah-salahan ya," ujar Erick saat menyambangi Ernando Ari di ruang ganti usai laga melawan Timnas Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno dalam sebuah tayangan video yang diunggah melalui akun instagram: @erickthohir yang dipantau di Jakarta, Kamis.

Erick menyambangi Ernando Ari dan kawan-kawan di ruang ganti usai pertandingan untuk memberikan nasehat serta menyemangati para pemain yang baru menelan kekalahan.

Dalam kesempatan itu, Erick yang melihat Ernando Ari tampak duduk dengan kepala menunduk, langsung menghampirinya serta menarik tangannya untuk berdiri.

Baca juga: Kualifikasi Piala Dunia, Indonesia kalah 0-2 lawan Irak

"Enggak ada salah-salahan, main bola bukan satu atau dua orang, kita main ber-11, enggak ada salah-salahan," ujarnya.

Lebih lanjut, Erick juga mengingatkan skuad Garuda muda agar tetap menjaga kekompakan karena akan melakoni lagi laga putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Timnas Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

"Jangan salah-salahan, we rise as a team, we fall as a team, kita jatuh bersama, kita bangkit bersama," pungkasnya.
 
Pesepak bola Tim Nasional Indonesia Ernando Ari Sutaryadi tetunduk usai kalah saat melawan Tim nasional Irak dalam laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (6/6/2024). Timnas Indonesia kalah dengan skor 0-2. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww. (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)

Baca juga: Erick nyatakan STY dan para pemain harus lakukan evaluasi usai kalah

Ia menambahkan, pertandingan selanjutnya menjamu Filipina bukan lawan yang mudah sehingga ia mengingatkan para pemain agar bermain lebih baik dari pada saat melawan Irak.

"Kalian mau tiga poin? Mau ke Piala Dunia atau tidak?," imbuh Erick dalam nada bertanya yang langsung dijawab secara serentak oleh para pemain: "mau".

Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Timnas Irak yang memenangkan pertandingan di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Kamis (6/6).

Anak asuh Shin Tae-yong masih memiliki satu peluang tersisa untuk memastikan diri lolos ke putaran tiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dengan menaklukkan Filipina pada 11 Mei mendatang.

Baca juga: Klasemen grup F : Indonesia tertahan di peringkat kedua, Irak lolos
Baca juga: Pelatih Irak yakin Indonesia akan lolos putaran ketiga kualifikasi

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024