Jakarta (ANTARA) - Pasukan Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengamankan sebuah kapal diduga hendak dilakukan perampokan di perairan Batu Ampar, Batam.

Direktur KPLP Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub Jon Kenedi mengungkapkan operasi dilaksanakan oleh Kantor Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Kelas II Tanjung Uban Tim Boarding Officer KN Rantos P-210 bersama Kapal Angkatan Laut (KAL) Mapor terhadap sebuah kapal SV. Avatar Courage.

“Melalui quick response atau aksi cepat tim melakukan pengamanan yang cepat dan efisien terhadap kapal SV. Avatar Courage dari upaya perampokan di perairan Batu Ampar, Batam. Menyusul laporan adanya dua orang tak dikenal yang naik ke kapal tersebut dengan membawa senjata tajam jenis parang,” kata Jon dalam keterangan di Jakarta, Kamis (6/6).

Jon mengungkapkan, kejadian itu terjadi pada Rabu (5/6) sekitar pukul 00.40 WIB, pada posisi GPS 01 09' 505" N / 103 58" 580" E seputaran Perairan Batu Ampar Batam.

Saat itu, Kepala Pangkalan PLP Kelas ll Tanjung Uban melalui Koordinator Kelompok Operasi menerima informasi dari Batam VTS bahwa ada dua orang tidak dikenal dengan membawa parang naik ke atas Kapal SV. Avatar Courage

Setelah mendapat laporan tersebut, KN Rantos P-210 diturunkan dan Tim Boarding Officer segera bergerak menuju SV. Avatar Courage.

KN Rantos melakukan komunikasi radio dengan Kapal SV. Avatar Courage dan mendapatkan informasi dari Nakhoda bahwa seluruh pintu kapal telah dikunci dan dua orang tidak dikenal sedang mencoba membuka pintu-pintu tersebut.

Pukul 02.00 WIB rubber boat KN Rantos P-210 dan KAL Mapor tiba di lokasi dan bersandar di lambung kiri SV. Avatar Courage.

"Tim Boarding Officer langsung melakukan penyisiran ke seluruh ruangan kapal namun tidak menemukan kedua orang tak dikenal tersebut" tambah Jon.

Kemudian pukul 02.30 WIB Tim Boarding Officer KN Rantos P-210 memastikan kondisi di atas kapal dalam keadaan aman dan melakukan patroli pengamanan. Hingga pukul 03.10 WIB Kondisi SV. Avatar Courage dinyatakan aman sepenuhnya.

Selanjutnya, pada pukul 03.38 WIB KN Rantos P-210 dan KAL MAPOR bertolak kembali ke Pelabuhan Bintang 99 Persada Batam, menyelesaikan operasi pengamanan dengan sukses.

Jon menambahkan, operasi pengamanan yang dilakukan oleh KN Rantos P-210 dan KAL Mapor berhasil memastikan keselamatan SV. Avatar Courage dan seluruh awak kapalnya.

“Tidak ada korban jiwa maupun kerugian material yang dilaporkan. Kami mengapresiasi kerja cepat dan koordinasi efektif dari seluruh pihak yang terlibat dalam operasi ini," jelas Jon.

Baca juga: Kemenhub kirim KN Trisula wakili Indonesia di ajang Marpolex Filipina

Baca juga: Pengamat: KPLP Kemenhub institusi berhak lakukan penyidikan di laut


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024