Beijing, (ANTARA/PRNewswire)- Pada 5 Juni lalu, Waterdrop Inc. (NYSE: WDH), platform teknologi terkemuka untuk sektor asuransi dan layanan kesehatan yang membuat dampak sosial positif, meluncurkan laporan keuangan yang tidak diaudit pada periode Triwulan I-2024 yang berakhir pada 31 Maret 2024. Pada periode tersebut, Waterdrop mencatat pendapatan bersih senilai RMB  704,7 juta, naik sebesar 16,3% secara tahunan. Laba bersih  yang diatribusikan kepada pemegang saham biasa Waterdrop tercatat RMB 80,6 juta, naik sebesar 62,2% dari tahun lalu. Maka, Waterdrop sukses mempertahankan profitabilitas selama sembilan triwulan berturut-turut. Biaya operasional, termasuk beban penjualan dan pemasaran, beban umum dan administrasi, serta beban litbang (R&D) mencapai 46,4% dari pendapatan Waterdrop, turun sebesar 11 poin persentase secara tahunan.

Sejak menggelar program pembelian kembali saham perusahaan (stock repurchase) pada September 2021, terhitung hingga 31 Mei 2024, Waterdrop telah membeli kembali 45,5 juta American Depositary Share (ADS) dari pasar.

Laba Operasional pada Segmen Bisnis Asuransi Mencapai RMB 129,2 Juta, sedangkan Segmen Asuransi Jiwa Berkontribusi Sebesar 56,4% dalam Bauran Produk Asuransi Jangka Panjang

Pendapatan Waterdrop dari bisnis asuransi meningkat 13,1% secara tahunan menjadi RMB 607 juta. Sementara, laba operasional pada segmen bisnis asuransi mencapai RMB 129,2 juta pada Triwulan I-2024. Pembayaran premi tahun pertama (first-year premium/FYP) dari Waterdrop Insurance Marketplace mencapai RMB 1,755 miliar, naik sebesar 3,7% secara tahunan.

Sepanjang triwulan tersebut, bisnis asuransi Waterdrop berkembang pesat dari sisi kualitas underwriting, terutama segmen layanan asuransi jangka panjang. Porsi FYP asuransi jiwa pun meningkat pesat menjadi 56,4% dalam bauran produk asuransi jangka panjang, atau mencatat kenaikan tahunan hingga 9,9 poin persentase. Lebih lagi, renewal rate menembus 95% sehingga mencerminkan kepercayaan dan pengakuan pemegang polis atas layanan asuransi Waterdrop.

Pada triwulan ini, teknologi asuransi Waterdrop juga meningkat secara signifikan berkat fitur-fitur yang lebih lengkap pada platform ShuishouGPT. Pada segmen asuransi kesehatan, konsultan asuransi yang didukung kecerdasan buatan (AI) kini secara otomatis berinteraksi dengan pengguna hingga 40 menit. Di sisi lain, akurasinya dalam menjawab pertanyaan seputar produk asuransi kini menembus 90%. Kinerja ini pun meningkatkan efektivitas dan jaminan kualitas layanan. Hingga kini, Waterdrop telah memperoleh empat hak paten resmi dan mengajukan lebih dari 10 aplikasi hak paten atas teknologi tersebut.

Waterdrop Medical Crowdfunding Menggalang Dana Senilai RMB 63,8 Miliar untuk 3,17 Juta Pasien, serta Meraih 88 Proyek Layanan Medis Baru

Sepanjang triwulan tersebut, Waterdrop Medical Crowdfunding sukses mempertahankan misinya, yaitu "menyelamatkan jiwa manusia". Pada 31 Maret 2024, platform ini telah menggalang donasi senilai RMB 63,8 Miliar dari sekitar 456 juta pemegang polis asuransi. Sejak pertama kali dilansir, program donasi ini bermanfaat bagi lebih dari 3,17 juta pasien. Meski mencatat rugi operasional sekitar RMB 32,2 juta, angka kerugian ini telah menurun dari periode sebelumnya.

Demi meningkatkan kualitas layanan, Waterdrop Medical Crowdfunding meluncurkan "Guardian Program", inisiatif komprehensif yang meningkatkan efisiensi penggalangan dana, traffic support, keamanan dana, serta kualitas audit. Dengan demikian, penggalangan dana pun menjadi semakin baik untuk membantu pasien dan keluarga dengan keterbatasan finansial. Lebih lagi, platform ini juga meluncurkan "Green Transfer Channel" secara daring. Inisiatif tersebut mempercepat pembayaran pasien hingga satu jam setelah aplikasi disetujui, khususnya dalam kondisi kritis seperti pendaftaran Instalasi Gawat Darurat (IGD), pembedahan besar yang bersifat mendesak, atau transplantasi organ. Platform ini pun menawarkan pembebasan biaya (fee waiver) bagi keluarga yang kurang beruntung, serta menyalurkan subsidi finansial bagi pasien yang terdampak bencana alam dan kecelakaan besar. Maka, Waterdrop Medical Crowdfunding semakin memperhatikan dan membantu berbagai orang yang membutuhkan pertolongan.

Segmen bisnis layanan asuransi Waterdrop telah berkembang pesat pada Triwulan I-2024, serta menghasilkan pendapatan sekitar RMB 25,3 juta, naik sebesar 7,3% secara tahunan. Waterdrop juga telah memperluas jaringan mitra, dan kini telah berkolaborasi dengan 179 apotek dan CRO, menggarap 88 proyek kerja sama baru, serta menangani sekitar 7.800 pasien.

Shen Peng, Pendiri dan CEO, Waterdrop, berkata, "Pada triwulan terakhir, kami tetap menjalankan strategi pembangunan berkelanjutan dan terus meningkatkan profitabilitas lewat inovasi teknologi. Setelah mengidentifikasi sejumlah tantangan dalam ekspansi bisnis, kami akan tetap berfokus mewujudkan pertumbuhan berkelanjutan. Kami pun akan selalu memperluas jangkauan operasional, serta menyelaraskan misi perusahaan dan segmen bisnis utama. Dengan demikian, kami memberikan manfaat yang semakin besar bagi pengguna dan mitra Waterdrop."

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2024