Beijing (ANTARA) - Administrasi Imigrasi Nasional China memproyeksikan lonjakan sebesar 32,5 persen secara tahunan (year on year/yoy) untuk jumlah perjalanan keluar-masuk perbatasan selama liburan Festival Perahu Naga, dengan rata-rata harian 1,75 juta perjalanan keluar-masuk di seluruh titik penyeberangan negara itu, menurut data yang dirilis pada Kamis (6/6).

Festival Perahu Naga merupakan salah satu hari libur tradisional utama di China, yang dirayakan pada hari kelima di bulan kelima dalam kalender lunar China. Pada tahun ini, festival ini jatuh pada tanggal 10 Juni.

Mengingat tahun ini hari libur tersebut jatuh setelah akhir pekan, masyarakat China akan menikmati durasi liburan selama tiga hari, yakni dari 8 hingga 10 Juni. Banyak warga diperkirakan akan memanfaatkan waktu liburan tersebut untuk bepergian.

Pusat-pusat penerbangan utama diperkirakan akan mengalami lonjakan arus penumpang yang stabil, dan rata-rata kedatangan serta keberangkatan harian di Bandar Udara Pudong Shanghai diproyeksikan mencapai total 89.000 penumpang.

Pos pemeriksaan perbatasan darat yang mengarah ke Hong Kong dan Makau juga akan menghadapi lonjakan volume pelaku perjalanan. Pelabuhan Luohu di Kota Shenzhen diperkirakan akan menangani rata-rata 217.000 penyeberangan pelaku perjalanan setiap hari, sementara pos pemeriksaan Gongbei di Kota Zhuhai diproyeksikan akan menangani rata-rata 320.000 penyeberangan pelaku perjalanan setiap hari.

Menanggapi hal ini, otoritas imigrasi China telah menerapkan langkah-langkah untuk merampingkan prosedur perizinan dan menjaga efisiensi serta keamanan operasional, yang bertujuan untuk menjaga waktu tunggu dalam antrean imigrasi bagi warga negara China di bawah 30 menit.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2024