Jakarta (ANTARA) - Akupuntur merupakan terapi pelengkap yang mungkin bisa mengatasi rasa tidak nyaman selama kehamilan bahkan pada saat awal kehamilan.

Ditulis laman Well and Good, Kamis (6/6), ahli akupuntur berlisensi dan master Pengobatan Oriental Tradisional Susan Wallmeyer LAc MSTOM mengatakan akupuntur aman selama kehamilan jika dilakukan dengan benar oleh praktisi yang berkualifikasi dan berlisensi.

“Bahkan tidak masalah untuk melakukan akupuntur pada masa-masa awal kehamilan. Banyak orang khawatir untuk menjalani akupunktur pada trimester pertama,” kata Wallmeyer.

Baca juga: Akupuntur bisa jadi pilihan terapi pasien stroke

Akupuntur saat kehamilan dapat membantu mengurangi mual dan muntah. Mengikuti teori medis Asia Timur, Wallmeyer mengatakan titik akupunktur mengatur qi (gerakan) perut. Idenya adalah untuk mendorong segala sesuatunya bergerak ke bawah, bukan ke atas.

Sebuah studi pada bulan Juni 2023 di Annals of Internal Medicine menyimpulkan bahwa akupunktur adalah pengobatan yang efektif dan aman untuk mual dan muntah sedang hingga parah pada kehamilan.

Selain itu, akupuntur juga dapat meringankan insomnia. Biasanya orang hamil mengalami kesulitan tidur karena rasa sakit dan nyeri, perut yang membesar sehingga hampir mustahil untuk menemukan posisi yang nyaman, dan pergi ke kamar mandi di tengah malam. Di sinilah akupuntur bisa sangat membantu.

Baca juga: Akupuntur dapat cegah risiko hipoglikemik yang jadi faktor diabetes

“Menurut Pengobatan Asia Timur, jantung dan hati umumnya ditemukan tidak seimbang dalam kasus insomnia karena kecemasan, jadi kami memilih titik-titik di sepanjang meridian ini,” kata Wallmayer.

Sebuah studi kecil pada bulan Mei 2020 di Nature and Science of Sleep menyimpulkan bahwa akupunktur secara signifikan meningkatkan kualitas tidur pada orang hamil. Meskipun cara kerjanya masih belum sepenuhnya dipahami, para peneliti berhipotesis bahwa akupunktur dapat mendorong pelepasan melatonin, hormon yang membantu Anda rileks dan membuat Anda mengantuk.

Baca juga: Akupunktur telinga membantu menurunkan berat badan

Manfaat lain adalah membantu mengatasi kecemasan dan depresi, meredakan nyeri punggung, pinggul dan panggul akibat bertambahnya berat bayi dan bergesernya pusat gravitasi, membantu mengatasi sakit kepala dan mencegah migrain dan tekanan darah tinggi.

Akupuntur saat kehamilan juga dapat meredakan maag saat hamil karena asam dan cairan lambung dari lambung mengalir ke kerongkongan. Serta bisa meredakan rhinitis yang menyerang hampir seperlima ibu hamil pada trimester kedua dan ketiga.

Saat mencoba akupuntur jangan berbaring terlentang saat anda menerima perawatan, karena dapat menekan pembuluh darah utama sehingga mengurangi aliran darah ke rahim terutama pada trimester kedua dan ketiga, lebih aman berbaring ke kiri.

Baca juga: Akupuntur dapat kurangi efek samping dan keluhan pasien kanker

Baca juga: Akupuntur bermanfaat dalam program bayi tabung

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
COPYRIGHT © ANTARA 2024