Jakarta (ANTARA) - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan fasilitas pembiayaan kepada distributor ritel mitra Pupuk Indonesia Holding Company (PIHC) sebagai bagian dari upaya mendorong pertumbuhan UMKM di Indonesia.

Menurut perseroan, langkah strategis ini diharapkan dapat mengakselerasi pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di sektor pertanian yang merupakan salah satu sektor dengan potensi besar untuk berkembang di Indonesia.

“Dengan pemberian fasilitas pembiayaan distributor financing dan retail financing kepada mitra PIHC, BNI telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam mengakselerasi pertumbuhan UMKM di sektor pertanian,” kata Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo melalui keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta pada Jumat.

Baca juga: BNI gelar forum untuk UMKM eksportir di Bandung

Sebagai salah satu bank terkemuka di Indonesia, Okki mengatakan bahwa BNI memiliki komitmen yang kuat untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional melalui pemberian berbagai layanan finansial kepada UMKM.

Menurutnya, fokus BNI tidak hanya terpaku pada sektor-sektor yang sudah mapan melainkan juga pada sektor-sektor yang memiliki potensi besar untuk berkembang seperti sektor pertanian.

Sementara itu, Direktur Pemasaran Pupuk Indonesia Tri Wahyudi Saleh menilai bahwa pemberian fasilitas pembiayaan berupa distributor financing dan retail financing kepada mitra PIHC merupakan bentuk konkret dari komitmen BNI untuk mendukung pengembangan UMKM di sektor pertanian.

"Melalui fasilitas ini, PIHC dapat memperluas jangkauan distribusi produknya, meningkatkan efisiensi operasional, serta mendukung pertumbuhan UMKM di sekitarnya," kata Tri.

Selain kemudahan akses permodalan, BNI turut menyediakan ekosistem finansial digital bagi distributor mitra melalui Financial Supply Chain Management (FSCM) BNI yang dapat digunakan untuk segala kebutuhan transaksi operasional dan pembayaran berbagai kewajiban.

Perseroan mencatat, langkah tersebut bukan sekadar transaksi finansial tetapi juga merupakan investasi jangka panjang dalam membangun ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia.

Baca juga: Pupuk Indonesia raih penghargaan IRCA berkat bisnis berintegritas

Sebelumnya pada 13 Mei lalu, BNI berpartisipasi dalam acara "Reward Benefit Model Retail Management Tahun 2023 Pupuk Indonesia" di Surabaya, Jawa Timur. Dalam acara tersebut, BNI memperkenalkan produk dan dukungannya bagi ekosistem bisnis PIHC dan distributor.

Acara "Reward Benefit Model Retail Management 2023" turut dihadiri oleh distributor ritel dari seluruh anak perusahaan PIHC, termasuk PT Petrokimia Gresik (PKG), PT Pupuk Sriwidjaja Palembang (PUSRI), PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT), PT Pupuk Iskandar Muda (PIM), dan PT Pupuk Kujang Cikampek (PKC).

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan penandatanganan kerja sama pengembangan bisnis ritel toko Pe-i (Pupuk Indonesia) dengan BNI.

Penandatanganan kerja sama diwakili oleh Wholesale Transaction Product & Partnership Division Head BNI I Gede Widya Anantayoga serta SVP Strategi Penjualan dan Pelayanan Pelanggan PT Pupuk Indonesia Holding Company Deni Dwiguna.

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024