Jayapura (ANTARA) - Komandan Lantamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Ludi Prastyono mengatakan anggota Lanal Nabire mengamankan paket seberat lima kilogram yang diduga berisi bahan peledak (bubuk mesiu).

"Lima kilogram yang diduga bubuk mesiu itu diamankan anggota Lanal Nabire, Kamis malam (6/6) di Pelabuhan Samabusa,saat KM Labobar sandar di pelabuhan tersebut," kata Danlantamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Ludi Prastyono di Jayapura, Jumat.

Dijelaskan, lima kilogram barang yang diduga mesiu atau bahan peledak itu diisi di dalam karton ditemukan saat proses naik turun penumpang KM Labobar yang berlabuh di pelabuhan Samabusa .

Karton itu ditemukan tanpa pemilik, setelah anggota curiga terhadap paket yang ada di atas dermaga.

Setelah ditemukan dan dilihat isinya, barang berbahaya itu dibawa ke Mako Lanal Nabire, kata Brigjen TNI (Mar) Ludi.

Danlantamal X Jayapura, berharap calon dan penumpang kapal serta masyarakat yang mengetahui atau curiga terhadap barang bawaan warga segera menginformasikan ke anggota TNI-Polri yang ada untuk ditindaklanjuti.

Tanpa bantuan, pihak aparat keamanan sulit mengungkapkan dan mengamankan barang-barang berbahaya.

"Barang peledak akan dikirim ke Jayapura untuk dilakukan penelitian guna memastikan jenisnya serta kandungannya di laboratorium ," kata Komandan Lantamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Ludi Prastyono.
Baca juga: Lantamal X Jayapura gagalkan penyelundupan 13,43 kg ganja asal PNG
Baca juga: Lantamal X Jayapura gelar operasi "Cenderawasih Jaya 24 "
Baca juga: Lantamal X Jayapura kerahkan tiga KAL untuk amankan perairan RI-PNG

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Guido Merung
COPYRIGHT © ANTARA 2024