Jakarta (ANTARA) - Rumah Tahanan Kelas 1 Salemba, Jakarta Pusat, menggencarkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) menuju Jakarta Kota Global bagi warga binaan dan pegawai di rutan tersebut.
 
Kepala Divisi Pemasyarakatan, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DKI Jakarta, Tonny Nainggolan mengatakan, kegiatan tersebut untuk meningkatkan pola hidup sehat.
 
"Tentunya ada beberapa kegiatan yang sudah kita lakukan di antaranya makan buah, senam bersama," kata Tonny di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 1 Salemba, Jakarta Pusat, Jumat.

​​​​​​Dia mengatakan ada pula beberapa materi yang secara langsung disampaikan oleh narasumber terkait hal tersebut. "Yang intinya bagaimana melaksanakan pola hidup sehat, cara makan, istirahat termasuk dengan beberapa kegiatan," katanya.

Baca juga: Rutan Salemba gelar rehabilitasi medis untuk ratusan warga binaan
 
Tonny menyebutkan, pihaknya menerima pelayanan dan pengecekan kesehatan dari Suku Dinas (Sudin) Kesehatan Jakarta Pusat untuk menciptakan lingkungan rutan yang sehat.
 
"Hal-hal yang menyangkut pemberian makan, jadi tadi dibahas itu bagaimana orang supaya sehat," katanya.

Menurut Tonny, adanya program Germas yang dilakukan di Rutan Kelas 1 Salemba ini merupakan sebuah kegiatan positif untuk meningkatkan kesadaran hidup sehat untuk warga binaan dan pegawai di rutan.

"Jadi akhirnya pihak Suku Dinas Jakpus menyambut bola dengan mendatangi Rutan Jakarta Pusat dan memberikan hal-hal yang mereka lakukan sama dengan di luar. Ini yang kita dapatkan juga di Rutan Kelas 1 Jakarta Pusat, pegawai dan warga binaan," kata Tonny.

Baca juga: Rutan Salemba manfaatkan lahan kosong untuk tanam ubi jepang
Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 1 Salemba, Jakarta Pusat menggencarkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). (ANTARA/Siti Nurhaliza)
Kepala Sudin Kesehatan Jakarta Pusat Rismasari menyebutkan, pencanangan Germas ini sudah dilakukan sejak 2017 sebagaimana instruksi presiden. Germas ini terus disosialisasi di berbagai lingkungan masyarakat mulai dari Posyandu, pos binaan terpadu hingga rutan.
 
"Wali kota sudah menetapkan ada Duta Germas di seluruh SKPD yang ada di Jakpus, tentu kalau lembaga pemasyarakatan kan lebih sulit karena tidak bisa keluar sehingga kami yang mendatangi salah satunya dengan cek kesehatan rutin," kata Risma.
 
Risma berharap warga binaan Rutan Salemba ini dapat terus menerapkan pola hidup sehat sebagaimana yang sudah disosialisasikan oleh Pemerintah Kota Jakarta Pusat.
 
"Harapannya warga binaan juga tentunya harus sehat walaupun di dalam, tetapi bisa mempunyai akses layanan. Akses layanan di sini mereka bisa dapatkan dari klinik yang ada di rutan ketika mereka sakit," kata Risma.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2024