Kota Bogor (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Jawa Barat, mencatat ada 1.003 calon haji tahun 2024 telah diberangkatkan ke Tanah Suci dalam tiga kloter yaitu pada 20 Mei, 2 Juni, dan 6 Juni 2024.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Syarifah Sofiah di Kota Bogor, Jumat, menyebut sebanyak 120 calon haji diberangkatkan dari Masjid Raya Bogor pada Kamis (6/6) malam sebagai kloter terakhir.

Syarifah berpesan agar para calon haji tetap menjaga kesehatan selama perjalanan ibadah. Terlebih kondisi cuaca yang berbeda membuat para jamaah harus lebih ekstra hati-hati.

“Harus siap-siap mental. Fisik dijaga, karena banyak dari para jamaah yang lansia, usianya sudah sepuh. Ibadah kita tidak hanya dari rukun-rukun haji, tapi dengan menolong sesama jamaah, tentu itu juga pahala yang luar biasa,” ujarnya.

Baca juga: 432 jamaah calon haji asal Kota Bogor diberangkatkan

Dari jadwal yang ada, para calon haji dari Kota Bogor akan tiba kembali ke Kota Bogor pada tanggal 1, 14, dan 19 Juli 2024. Syarifah mendoakan para jamaah bisa kembali dengan selamat tanpa ada kurang sedikitpun.

“Pergi satu rombongan, pulang pun harus satu rombongan lagi. Tentunya dengan kondisi yang sehat dan membawa predikat haji yang mabrur,” kata Syarifah.

Terpisah Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto yang sempat mengantar keberangkatan calon haji Kota Bogor mengajak seluruh warganya turut mendoakan para calon haji, agar mendapatkan keselamatan selama perjalanan dan dimudahkan ibadahnya.

“Kita doakan semoga seluruh jamaah dimudahkan, disehatkan, dilancarkan, diringankan, dalam menjalankan seluruh rangkaian ibadah di sana, terutama dalam rangkaian puncak ibadah haji 1445 Hijriah. Semoga kembali ke Kota Bogor dalam keadaan sehat, menjadi haji yang mabrur,” kata Atang. 

Baca juga: Kota Bogor lepas keberangkatan 404 calon haji
Baca juga: Calon haji asal Bangka jalani operasi jantung di Makkah


Pewarta: Shabrina Zakaria
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2024