Solo (ANTARA) - Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menyebut partisipasi warga memberikan peranan penting untuk menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Surakarta 2024.

"Yang terpenting partisipasi dari warga," katanya usai menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kota Surakarta di Solo, Jawa Tengah, Jumat.

Ia juga mengapresiasi agenda adu gagasan yang dilakukan oleh partai politik untuk mengetahui visi dan misi yang diusung masing-masing pendaftar penjaringan internal partai, seperti yang belum lama ini dilakukan oleh DPC PDIP Kota Surakarta.

"Kayak kemarin acara penyampaian visi misi, itu kan acara baik, jadi kami apresiasi pak Ketua DPC PDIP. Jadi masyarakat tahu visi misi masing-masing bacalon," katanya.

Mengenai Pilkada Surakarta secara umum, ia mendukung seluruh tahapan yang ada. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

"Kami sudah berkoordinasi dengan KPU, Bawaslu, semoga semua berjalan dengan baik. Kami dukung semua tahapannya," katanya.

Ia juga menyambut baik banyaknya bakal calon Wali Kota maupun Wakil Wali Kota Surakarta yang saat ini tengah mengikuti proses penjaringan internal.

"Dengan begitu warga Solo makin banyak pilihan," katanya.

Sebelumnya, salah satu nama mendaftar pada penjaringan internal partai politik, yakni Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa yang mengikuti penjaringan di PDIP. Selain itu, ada pula nama tunggal yang akan diusung oleh DPC Partai Golkar Surakarta Sekar Tandjung.

"Banyak yang perempuan, banyak anak muda, advokat, budayawan, pak wakil (Wakil Wali Kota Surakarta). Jadi Solo saya yakin tidak akan pernah kekurangan pemimpin," katanya.

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2024