Jakarta (ANTARA) - Rumah Sakit Atma Jaya (RSAJ) Jakarta membuka pelayanan kesehatan lansia terpadu bernama Atma Jaya Geriatrics & Wellness Centre yang menyediakan dokter spesialis khusus penyakit lansia yang layanannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan khusus dan preferensi pasien lansia itu sendiri.

“Sangatlah penting untuk memberi perhatian khusus pada kelompok geriatric population, mengingat kelompok masyarakat dengan usia di atas 60 tahun tersebut kerap mengidap komorbiditas atau dua atau lebih penyakit sekaligus dalam kehidupan mereka,” kata Direktur Rumah Sakit Atma Jaya Dr. Devi Anggraeni, M.M. dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat.

Dalam peresmiannya pada Kamis (6/6), Anggraeni menuturkan komplikasi penyakit yang menyerang kelompok masyarakat lanjut usia memerlukan perhatian serius berupa perawatan intensif yang holistik.

Baca juga: Pemerintah gelar Posyandu lansia berikan layanan kesehatan dasar

Baca juga: Ketika pemerintah hadir bagi lansia 


Hal ini merupakan bentuk konsekuensi meningkatnya jumlah masyarakat usia di atas 60 tahun di Indonesia yang kini mencapai 20 persen dari total penduduk nasional sebanyak 275 juta jiwa.

Menurutnya, kehadiran dari pelayanan yang menerapkan konsep one-stop service itu dapat menjadi salah satu upaya dalam mengatasi permasalahan tersebut. Sebab dapat memudahkan pasien geriatric dalam mengakses berbagai layanan kesehatan dengan nyaman, termasuk bagi keluarga pasien.

Adapun layanan yang disediakan berupa layanan terapi sel, perawatan estetika, dan homecare yang memudahkan dalam mengakomodir solusi bagi pasien. Juga mengurangi perjalanan yang melelahkan bagi pasien lansia selama menjalani perawatan.

“Layanan one-stop services memungkinkan koordinasi lebih baik dan cepat berbagai tim medis dan profesional kesehatan yang terlibat dalam perawatan pasien lansia,” katanya.

CEO Atma Jaya Healthcare Edward menambahkan bahwa pusat layananan tersebut memainkan peran vital dalam mewujudkan pendekatan pengobatan holistik karena memperhatikan aspek fisik, mental, spiritual, dan sosial dari kesehatan, dan mengintegrasikan berbagai metode pengobatan, mulai dari konvensional hingga terapi alternatif.

Layanan Atma Jaya Geriatrics & Wellness Center, katanya, menekankan pendekatan pencegahan dan pemeliharaan kesehatan, sehingga membantu pasien lansia menjalani gaya hidup yang sehat dan aktif semenjak dini.

Program-program pencegahan dan promosi kesehatan yang terus diselenggarakan diharapkan membantu pasien maupun masyarakat umum dalam mempertahankan kesehatan, mencegah penyakit, dan meningkatkan kualitas hidup mereka secara menyeluruh.

Baca juga: Menko PMK instruksikan penyediaan sekretariat bersama layanan lansia

Baca juga: RSUD Tugu Koja resmikan aplikasi layanan lansia dan disabilitas


 

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2024