Jakarta (ANTARA) - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) akan mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo untuk mencanangkan Hari Kewirausahaan Nasional pada 10 Juni saat organisasi pengusaha muda tersebut tepat berusia 52 tahun.

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Hipmi Akbar Himawan Buchari dalam keterangan diterima di Jakarta, Jumat, mengatakan setelah dibentuk 10 Juni 1972, Hipmi berhasil membentuk generasi wirausaha muda yang berperan penting dalam perekonomian nasional.

"Hipmi tidak hanya mencetak pengusaha muda, tetapi juga melahirkan pemimpin di tingkat nasional dan daerah. Ini bukti bahwa Hipmi berhasil mewujudkan visi dan misinya," ujarnya.

Pada usianya yang lebih dari setengah abad, kata Akbar, Hipmi telah menunjukkan kematangannya sebagai sebuah organisasi maupun kader yang telah dilahirkan. Sehingga, Akbar menyebut, perayaan ini akan dijadikan momentum untuk meningkatkan peran Hipmi dalam mendukung pembangunan nasional.

Ia juga mengatakan, HUT ke-52 Hipmi juga akan dijadikan momentum untuk mengapresiasi Presiden Jokowi. Sebab, Jokowi sangat konsen terhadap dunia usaha. Terbukti dari peningkatan jumlah pengusaha selama periode kepemimpinannya.

"Peran Pak Jokowi sangat signifikan. Sejak beliau dilantik hingga di akhir kepemimpinan, puluhan juta pengusaha baru telah lahir dan berkontribusi terhadap perekonomian nasional," ujar Akbar.

Selain itu, ia Akbar berharap dengan Presiden mencanangkan Hari Kewirausahaan Nasional jatuh pada tanggal 10 Juni, semakin banyak masyarakat yang termotivasi menjadi pengusaha.

Lebih lanjut Akbar mengatakan semakin banyak pengusaha, tentu lapangan pekerjaan akan semakin banyak. Hal ini tentu sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045.

"Dengan bonus demografi, dan ekosistem yang telah terbentuk, saya yakin Indonesia akan menjadi tuan di negeri sendiri," ujar Akbar lagi.

Ketua Pelaksana HUT ke-52 Hipmi Muhammad Aaron Annar Sampetoding menambahkan, acara akan digelar di salah satu hotel di Jakarta.

Dia menyebutkan HUT ke-52 Hipmi mengangkat tema Hipmi adalah "Mengawal Indonesia Maju Menuju Indonesia Emas".

Selain dihadiri Presiden Jokowi, acara itu juga akan dihadiri Presiden terpilih Prabowo Subianto, serta Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

“Nantinya Luhut akan menjadi keynote speaker dengan tema Mengawal Indonesia Maju Menuju Indonesia Emas,” kata Aaron.

Tak sampai di situ, tambah Aaron, HUT ke-52 Hipmi juga akan diisi Indonesian Young Leader Forum.

“Bentuknya diskusi panel yang akan diisi pengusaha muda Indonesia," kata Aaron.
Baca juga: Hipmi: Perlu investasi "dryer" dan silo modern dorong produksi jagung
Baca juga: HIPMI dorong elit politik bersatu usai Pemilu 2024


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2024