Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dijadwalkan menyampaikan kesiapan Indonesia untuk ikut serta dalam membantu rakyat Palestina pada Konferensi Tingkat Tinggi di Yordania yang membahas permasalahan Gaza.

Prabowo mendapatkan tugas dari Presiden Joko Widodo untuk mewakili Indonesia pada KTT yang akan diselenggarakan pada 11 Juni 2024 di Amman, Yordania.

"Saya akan koordinasi dengan Sekretariat Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa dan pimpinan negara-negara kawasan tersebut agar Indonesia bisa melaksanakan tawaran bantuan kita," kata Prabowo di kediamannya, Jakarta, Jumat.

Menghadapi bencana kemanusiaan yang luar biasa dan penderitaan rakyat di Gaza, Palestina, yang luar biasa, Prabowo mengatakan Presiden Jokowi telah menginstruksikan dirinya untuk menyampaikan bahwa Indonesia siap mengirim pasukan perdamaian dalam jumlah kekuatan yang signifikan.

Indonesia, kata Prabowo, juga siap mengirim rumah sakit lapangan untuk beroperasi di daerah Gaza, bekerja sama dengan para mitra Indonesia dari kawasan tersebut, terutama Uni Emirat Arab.

Baca juga: Presiden instruksikan Prabowo kirim nakes dan penyediaan RS ke Gaza
Baca juga: Prabowo: Indonesia siap mengirimkan pasukan perdamaian ke Gaza


Ia mengatakan Indonesia terus tegas pada pendiriannya bahwa penyelesaian konflik di Gaza, Palestina, harus dilakukan dengan gencatan senjata dan negosiasi.

"Indonesia juga tegas mendukung kemerdekaan rakyat Palestina, mendukung solusi dua negara (state solution), dan mendukung semua usaha gencatan senjata segera," katanya menegaskan.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menginstruksikan Menhan Prabowo Subianto untuk mengirimkan tenaga kesehatan hingga penyediaan rumah sakit ke Gaza, Palestina.

Prabowo, yang juga Presiden terpilih RI, menyampaikan hal tersebut setelah menemui Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (6/6).

"Saya lapor ke Pak Presiden dan Presiden sangat mendukung memberi instruksi kepada saya, kita siap mengirim rumah sakit, mengirim tenaga kesehatan kita di dalam Gaza," kata Prabowo saat memberikan keterangan pers di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (6/6).

Ia menjelaskan Uni Emirat Arab sudah mengoperasikan rumah sakit di Gaza, Palestina, sehingga Indonesia dapat bekerja sama dalam hal evakuasi dan pengobatan warga setempat.

Baca juga: Komisi I DPR dukung rencana Prabowo kirim pasukan perdamaian ke Gaza
Baca juga: Panglima TNI paparkan manfaat bila RI kirim pasukan ke Gaza
Baca juga: Menlu: Pengiriman pasukan perdamaian ke Gaza di bawah mandat PBB

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Didik Kusbiantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2024