Madiun (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Madiun menggelar peluncuran tahapan Pilkada 2024 di Grand Bima Ballroom Aston Madiun, Jumat malam, dengan mengenalkan maskot Pilkada Kota Madiun 2024 "Kang Osi" dengan wujud gunungan wayang.

Ketua KPU Kota Madiun Wisnu Wardhana menjelaskan bahwa Kang Osi memiliki filosofi kepanjangan dari Kang Omah Demokrasi. Kang adalah kakang yang merupakan panggilan khas di Kota Madiun berarti kakak dan omah berarti rumah.

"Sehingga diartikan KPU Kota Madiun sebagai rumah dari demokrasi di Kota Madiun. Sedangkan wujud gunungan diasumsikan sebagai rumah yang di dalamnya menaungi berbagai karakteristik corak penghuni di dalam gunungan," kata Wisnu.

KPU setempat juga mengenalkan slogan Pilkada Kota Madiun 2024 "Ora Nyoblos Ora Jos", serta jingle pilkada serentak dengan tiga versi musik berbeda yang mewakili berbagai generasi, dengan harapan bisa sampai ke masyarakat.

Wisnu mengatakan pilkada serentak akan dilaksanakan pada 27 November 2024 di hampir seluruh provinsi di Indonesia.

"Ada 37 provinsi yang akan melaksanakan pilkada, hanya satu provinsi yang tidak melaksanakan pilkada yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Selain itu, pilkada juga dilaksanakan serentak di kabupaten/kota yang ada di Indonesia," katanya.

Baca juga: Menjadikan pilkada sebagai pesta demokrasi rakyat 
Baca juga: Wakil Ketua MPR: Pilkada harus jadi pesta demokrasi rakyat


Ia menjelaskan, dengan peluncuran maskot, jingle, dan slogan, diharapkan setiap tahapan pilkada bisa dijalankan dengan baik, aman, dan lancar.

"Tahapan pilkada ini sebenarnya sudah dimulai, karena beriringan dengan pelaksanaan proses pemilu sejak 26 Januari 2024 lalu," katanya.

Pj Wali Kota Madiun Eddy Supriyanto yang hadir secara daring dalam kesempatan itu menyatakan apresiasinya dan mengucapkan selamat atas peluncuran tahapan Pilkada serentak Kota Madiun tahun 2024.

Ia memastikan Pemerintah Kota Madiun beserta masyarakat mendukung sepenuhnya semua tahapan Pilkada tahun 2024 tersebut dengan berpartisipasi menggunakan hak pilih.

"Saya minta kepada seluruh warga Kota Madiun jangan lupa gunakan hak pilihnya, datang ke TPS pada Rabu 27 November 2024. Ingat, ora nyoblos ora jos," kata Pj Wali Kota Eddy.

Kegiatan peluncuran tersebut juga dihadiri oleh Komisioner KPU, Forkompinda Kota Madiun, Camat dan Lurah se-Kota Madiun, Ketua Partai Politik, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), dan tokoh masyarakat lainnya.

Baca juga: Prabowo tanggapi peluang usung Sudaryono di Pilkada Jateng
Baca juga: Pakar menilai langkah NasDem di Pilkada Jabar mengejutkan
Baca juga: Resmi diusung Gerindra, Khofifah siap bekerja keras pada Pilkada Jatim

 

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2024