Jakarta (ANTARA) - Toko La Maison De L’Indonésie milik diaspora Indonesia baru saja dinobatkan sebagaiThe Best Fine Grocery Store 2024 di Prancis dengan kategori Favorit Juri.

Penghargaan tersebut, sebagaimana dikutip dari keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Sabtu, diberikan oleh Pameran Gourmet Selection yang merupakan bagian dari expo SIAL, sebuah jaringan pameran global terbesar yang didedikasikan untuk makanan dan minuman.

“Terpilihnya La Maison De L’Indonésie sebagai Fine Grocery Store terbaik di Prancis merupakan komitmen, dedikasi dan hasil kerja keras selama 2 tahun untuk mempromosikan Indonesia secara konkrit dan konsisten melalui ekonomi kreatif,” kata pemilik dan pendiri La Maison De L’Indonésie Eka Moncarre.

Eka menjelaskan penetapan La Maison De L’Indonésie sebagai pemenang kategori favorit juri didasarkan pada konsep original, produk-produk berkualitas yang dijual dengan konsep keberlanjutan, dekorasi yang unik yang mengajak orang untuk mengeksplorasi Indonesia, dan kegiatan-kegiatan aktif untuk mempromosikan produk, gastronomi dan budaya.

Pada tanggal 28 Mai, tim juri Gourmet Selection berkumpul untuk mengevaluasi 54 perusahaan di seluruh Prancis yang masuk seleksi. Kemudian, seluruh peserta disaring menjadi 15 finalis, dan akhirnya dipilih 15 terbaik yang akan bersaing untuk 5 pemenang utama yakni gold, silver, bronze, dan 2 favorit juri.

Upacara penghargaan akan diadakan pada tanggal 16 September 2024 di expo Salon Gourmet Selection di Porte de Versailles Paris.

“Ini merupakan suatu kebanggaan untuk Indonesia dan langkah awal untuk membawa produk Indonesia ke higher level. Dan penghargaan ini akan semakin memotivasi kami untuk selalu berusaha sebaik mungkin mewakili Indonesia di Perancis,” tutur Eka.

Eka turut menceritakan bahwa La Maison de l’Indonesia mengusung konsep yang unik karena merupakan café/restaurant/fine grocery/workshop/galery dan expo. Tujuannya untuk memperkenalkan produk-produk terbaik dari Indonesia ke Prancis sambil mempromosikan pariwisata budaya dan gastronomi Indonesia.

La Maison De L’Indonesie yang artinya Rumah Indonesia menjadi tempat untuk semua orang yang ingin mengenal Indonesia dan memberikan pengalaman immersif dan juga mendapatkan barang berkualitas 100 persen buatan Indonesia seperti coklat, teh, jamu, rempah-rempah, dan juga Indonesian specialty coffee yang di-roasting di Prancis oleh La Maison De L’Indonesie.

SIAL merupakan expo food & beverage terbesar di dunia yang sudah ada di beberapa negara (SIAL Paris, SIAL Canada Montreal dan Toronto, SIAL China di Shanghai dan Shenzhen, SIAL Interfood di Jakarta, SIAL India di New Delhi, SIAL Djazagro di Aljazair, dan Pameran Keju dan Produk Susu, Makanan & Minuman Malaysia by SIAL).

Baca juga: Diaspora Indonesia promosikan kopi asal Tanah Air di Prancis
Baca juga: Diaspora di Prancis sambut positif investasi Diaspora Bond
Baca juga: KBRI Paris perkenalkan "Diaspora Bond" untuk pendanaan pembangunan

 

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Azis Kurmala
COPYRIGHT © ANTARA 2024