PBB (ANTARA) - Sesi ke-78 Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNGA) pada Jumat (7/6) dengan suara bulat mengadopsi resolusi yang diusulkan China untuk menetapkan Hari Internasional untuk Dialog Antar Peradaban.

Resolusi tersebut menyatakan bahwa semua pencapaian peradaban adalah warisan bersama umat manusia. Resolusi ini menganjurkan untuk menghormati keragaman peradaban, menekankan peran penting dialog di antara peradaban dalam menjaga perdamaian dunia, mempromosikan pembangunan bersama, meningkatkan kesejahteraan manusia, dan mencapai kemajuan bersama.

Resolusi itu juga menyerukan dialog yang setara dan saling menghormati di antara berbagai peradaban yang sepenuhnya mencerminkan esensi inti dari Inisiatif Peradaban Global. Resolusi tersebut memutuskan untuk menetapkan 10 Juni sebagai Hari Internasional untuk Dialog Antar Peradaban.

Perwakilan tetap China untuk PBB Fu Cong memperkenalkan draf resolusi tersebut pada sidang pleno UNGA. Dia menyatakan bahwa dalam konteks saat ini dengan berbagai krisis dan tantangan yang saling terkait, dunia telah memasuki periode ketidakstabilan dan perubahan yang baru, yang sekali lagi menempatkan masyarakat manusia di persimpangan sejarah.

Dengan latar belakang itu, China mengusulkan penetapan Hari Internasional untuk Dialog Antar Peradaban untuk sepenuhnya memanfaatkan pentingnya dialog peradaban dalam menghapus diskriminasi dan prasangka, meningkatkan pemahaman dan kepercayaan, mempromosikan konektivitas antarmasyarakat, serta memperkuat solidaritas dan kerja sama.

Inisiatif ini menyuntikkan energi positif ke dalam upaya global untuk mengatasi tantangan bersama.

"Inisiatif ini menunjukkan dukungan kuat China terhadap multilateralisme dan kerja PBB, menyoroti tanggung jawab China sebagai negara besar di abad perubahan yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata Fu.

Pewarta: Xinhua
Editor: Imam Budilaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2024