Jakarta (ANTARA) - Hotel Indonesia Group (HIG), anak perusahaan InJourney Hospitality meluncurkan program 3R "Cintai Bumi Kita" sebagai bentuk dukungan pada keberlanjutan lingkungan di seluruh jaringan hotelnya.

Direktur Operasi dan Portofolio Bisnis InJourney Hospitality M. Ariadevi Hermaini menyampaikan, program 3R (Reduce, Reuse, Recycle) "Cintai Bumi Kita" dirancang untuk mengurangi dampak lingkungan dari operasional hotel dan mendorong para tamu serta karyawan untuk berpartisipasi dalam upaya pelestarian lingkungan.

"Kami berkomitmen untuk berpartisipasi dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan. Melalui program 'Cintai Bumi Kita', kami ingin mengajak semua pihak baik tamu maupun staf untuk bergotong royong bersama-sama memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan," ujar Ariadevi melalui keterangan di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: InJourney Hospitality: Okupansi jaringan HIG meningkat signifikan

Berbagai unit hotel jaringan HIG yang tersebar di seluruh Indonesia turut berpartisipasi dalam kegiatan "Cintai Bumi Kita" ini, di antaranya hotel wilayah Bali, Merusaka Nusa Dua.

Hotel ini mengajak seluruh tamu untuk berpartisipasi dalam pembersihan pantai, dengan fokus pada pengumpulan sampah plastik di sepanjang Pantai Nusa Dua. Hasil plastik yang terkumpul dalam kegiatan tersebut diserahkan ke Yayasan Tangkas Hijau untuk didaur ulang lebih lanjut.

Sementara itu, di hotel wilayah Jawa, KHAS Malioboro dan KHAS Tugu Yogyakarta menghadirkan program mengajak tamu hotel untuk berpartisipasi dalam kegiatan pengumpulan botol bekas yang kemudian diolah menjadi pot dengan berbagai karakter unik dan ditanami pohon yang selanjutnya diberi nama sesuai keinginan tamu.

Baca juga: InJourney promosikan KEK Sanur pada forum investasi pariwisata

Direktur Utama HIG Rizal Kasim mengatakan, Hotel Indonesia Group akan terus berinovasi dan memperkuat program-program keberlanjutan dalam setiap bisnis proses hotel jaringan HIG demi keberlanjutan dan masa depan yang lebih baik.

Saat ini, hotel-hotel jaringan HIG juga telah mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dengan menyediakan produk ramah lingkungan, seperti minum botol kaca dan amenities dengan produk daur ulang.

"Selain itu, kami juga melakukan efisiensi penggunaan energi dan air dengan memasang teknologi hemat energi dan sistem pengelolaan air yang efisien di masing-masing hotel. Kami optimis setiap tindakan kecil yang kita lakukan dapat memberikan kontribusi besar bagi masa depan bumi," kata Rizal.

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024