Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal PP Perbasi Nirmala Dewi menyebutkan bahwa kesuksesan Tim Bola Basket Putra yang menyabet medali emas di ASEAN School Games 2024 termasuk dalam deretan perkembangan bola basket Indonesia yang telah dimulai pada tahun-tahun sebelumnya.

“Ini momen yang luar biasa untuk bola basket Indonesia. Medali emas di ASG 2024 Vietnam ini menandakan masa depan Bolabasket Indonesia akan semakin cerah dari sisi prestasi,” kata Nirmala dalam keterangan tertulis yang dikutip di Jakarta, Sabtu.

Nirmala Dewi menambahkan bahwa kesuksesan medali emas di ASG ini menjadi booster untuk mencetak sejarah di masa mendatang. Prestasi ini juga merupakan lanjutan capaian setelah pada tahun-tahun sebelumnya bola basket Indonesia mencatatkan tinta emas di SEA Games pada 2021 dan 2023.

Pada SEA Games 2021 Hanoi Vietnam, Timnas Bola Basket Putra mempersembahkan medali emas, yang merupakan pertama kalinya dalam sejarah. Pada SEA Games 2023 Kamboja, giliran Timnas Bola Basket Putri yang mencetak sejarah dengan mengoleksi medali emas.

Tradisi emas di bola basket tersebut kini terus bergulir dengan dipersembahkan oleh para pebasket muda yang akan menjadi calon-calon pebasket andalan Indonesia di masa datang.

Baca juga: Cetak sejarah, tim basket putra Indonesia raih emas di ASG 2024

“Capaian ini juga menunjukkan bahwa program pembinaan yang berlangsung selama ini berjalan sesuai jalurnya,” lanjut Nirmala.

Tim Bola Basket Putra Indonesia mencetak sejarah dengan meraih emas untuk pertama kalinya pada ajang ASEAN School Games yang tahun ini digelar di Da Nang Vietnam, usai mengalahkan Filipina dengan skor akhir 56-54.

Perjalanan Tim Basket Putra di ASG 2024 dimulai dari babak penyisihan Grup A dengan mengalahkan Laos 128-45. Kemudian Indonesia kalah dari Filipina dengan skor 57-65 di babak grup.

Jalur ke semifinal terjaga usai di laga pamungkas Grup A Indonesia berhasil mengalahkan Thailand dengan skor 83-66. Hasil ini mengantarkan Tim Basket Putra ke semi final dan sebagai runner Up grup A.

Di semi final, Tim Basket Putra menundukkan Singapura dengan skor 64-55. Kemenangan ini mengantarkan Tim Basket Putra ke final menantang Filipina.

Di final, Tim Basket Putra sukses revans di kekalahan sebelumnya. Baik itu saat final di ASG 2019 dan pertemuan di fase grup A.


Baca juga: Indonesia peringkat kedua ASEAN Schools Games 2024 di Vietnam

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2024