Jakarta (ANTARA) - Setelah penantian dan rumor yang beredar selama beberapa tahun, gim hero shooter "Valorant" akhirnya mengumumkan bakal segara hadir di konsol PS5 dan Xbox Series X|S.

Pengumuman tersebut disampaikan saat ajang Summer Game Fest di mana versi beta terbatas akan tersedia mulai pekan depan. Menurut pengumuman itu, "Valorant" versi PS5 dan Xbox akan menghadirkan permainan yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan aspek kompetitif yang ditonjolkan dalam gim ini.

Akan tetapi, "Valorant" tidak mendukung permainan lintas perangkat PC dan konsol atau cross-play. Sebagai gantinya, gim tersebut dapat secara terhubung menyimpan koleksi item milik pemain serta progres permainan lintas platform dan akun.

Baca juga: Riot Games genjot promosi turnamen Valorant Masters

Riot Games selaku pengembang menjanjikan bakal merilis lima patch penyeimbang, karakter dan peta baru, konten premium, serta fitur-fitur lainnya secara bersamaan di semua platform.

"Saat menjajaki kemungkinan membawa Valorant ke platform tambahan, kami tahu kami harus bisa menawarkan pengalaman kompetitif yang sama tanpa kompromi seperti yang telah kami berikan kepada pemain PC selama bertahun-tahun, sebuah (gim) menembak taktis berbasis tim yang presisi," kata direktur produksi dari Riot Games, Arnar Gylfason dikutip dari IGN pada Sabtu.

Baca juga: Creativo gandeng Intel gelar Valorant Paradise Cup Season 2

Arnar menjelaskan pemain konsol dapat merasakan pengalaman bermain "Valorant" yang sama seperti versi PC. Salah satunya dengan menghadirkan mode menembak yang bekerja seperti hip-fire dengan sensitivitas yang dikurangi agar menghasilkan kecepatan dan mode fokus yang presisi.

"Valorant" versi beta terbatas akan tersedia mulai 14 Juni 2024 di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Eropa, dan Jepang dengan peluncuran untuk wilayah lain segera setelahnya. Pemain yang tertarik mencoba beta bisa mendaftar di situs resmi Valorant.

Baca juga: GLHF Open Cup jadi langkah awal tumbuhkan ekosistem gim Valorant

Baca juga: Gim "Cyberpunk 2077" dapat dimainkan gratis pada akhir pekan ini

Baca juga: Empat gim eksklusif Xbox akan hadir di konsol populer lain

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Siti Zulaikha
COPYRIGHT © ANTARA 2024