Jakarta (ANTARA) - RANS Simba Bogor berhasil naik ke posisi lima klasemen sementara IBL 2024 usai memetik kemenangan penting atas Tangerang Hawks Basketbal dengan skor akhir 95-84 dalam laga yang digelar di Gymnasium Sekolah Vokasi IPB Bogor, Sabtu.

RANS berhasil membendung upaya kebangkitan Hawks di babak kedua. Empat pemain RANS mencetak poin lebih dari dua digit dengan dua pemain menghasilkan double-double. Le'Bryan Nash memimpin dengan 23 poin, 12 rebound, dan 7 assist lewat 10 dari 14 tembakan.

Devon Van Oostrum menyelesaikan laga dengan torehan 15 poin, 11 assist, dan 5 rebound. John Fields III mencetak 11 poin dan 8 rebound, dan dari bangku cadangan ada Kennet Funderburk yang menyumbang 16 poin serta 9 rebound.

Baca juga: RANS curi kemenangan di markas Bali United

RANS yang unggul 17 angka di babak pertama ternyata masih bisa dikejar oleh Hawks hingga mereka bisa memangkas margin hingga tinggal delapan angka (58-66) di sisa dua setengah menit kuarter ketiga. Beruntung ada Althof Dwira Satrio yang mencetak tembakan tripoin untuk memotong momentum lawan. RANS akhirnya unggul 72-61 di kuarter ketiga.

Pertahanan RANS jebol di lima menit pertama kuarter keempat. Hawks melaju 12-4 untuk memotong jarak hingga tersisa tiga angka saja (73-76). Tetapi serangan Hawks tiba-tiba berhenti, dan momentum mereka lepas begitu saja.

Baca juga: Tangerang Hawks tetap berjuang ke playoff IBL

RANS memanfaatkan kelemahan Hawks dengan menyerang dari luar busur. Tripoin Funderburk di sisa satu menit waktu pertandingan menyegel kemenangan RANS atas tamunya hari ini.

Steven Green tak mampu menyelamatkan Hawks dari kekalahan meski mencetak 29 poin, 10 assist, dan 8 rebound. Morakinyo Williams dan Nick Stover sama-sama mencetak 14 poin. Lalu ada Habib Tito Aji yang kali ini bisa mencetak 11 poin. Hawks dipaksa menelan kekalahan ke-14 musim ini sekaligus menutup peluang mereka ke babak playoff IBL 2024.

Sebaliknya, RANS yang sebelumnya ada di peringkat delapan kini langsung melompat dua peringkat ke posisi kelima klasemen sementara IBL 2024. Mereka punya rekor 12-9, dan menyisakan lima pertandingan di musim reguler tahun ini. RANS harus memaksimalkan sisa pertandingan agar tidak tetap aman di zona playoff.

Baca juga: Satria Muda menang telak 93-45 atas Pacific
Baca juga: Kesatria permalukan Dewa United di kandangnya 111-102

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024