Lubuk Basung,- (ANTARA) -
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP)  Kabupaten Agam, Sumatera Barat dan Fakultas Pertanian Universitas Andalas (Unand) Padang menjalin kerja sama strategis untuk mengoptimalkan potensi bahan pangan lokal dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

"Saya menyambut baik kerja sama ini dan menekankan pentingnya kolaborasi antar berbagai pihak, termasuk perguruan tinggi, dalam menggali potensi bahan pangan lokal," kata Pelaksana Harian Asisten II Bilang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Bupati Agam Hamdi di Lubuk Basung, Sabtu.
 
 
Kerja sama tersebut diresmikan di Taman Wisata Muko Muko Kecamatan Tanjung Raya, Sabtu.
 
 
Ia mengatakan kerja sama ini akan mendatangkan manfaat yang lebih besar untuk mewujudkan kedaulatan pangan.
 
 
Setelah itu bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Agam.
 
 
"Banyak manfaat dari kerja sama ini dan kita akan menjalin kerja sama dengan semua pihak dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.
 
 
Sementara Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Agam Rosva Deswira menambahkan bentuk kerja sama yang disepakati termasuk pengembangan dan diversifikasi produk pangan lokal, implementasi hasil riset, dan peningkatan sumber daya manusia di lingkup DKPP Agam dengan bantuan Fakultas Pertanian Unand Padang.
 
 
"Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam upaya pemanfaatan potensi lokal yang berkelanjutan dan berdaya saing tinggi, serta mendukung program kedaulatan pangan di Agam," katanya.
 
 
Ia mengatakan acara ini juga dimeriahkan dengan pameran dan penilaian produk UMKM yang bertujuan untuk memperluas pasar dan meningkatkan kualitas produk di masa yang akan datang.
 
 
Pameran ini dapat menjadi ajang promosi yang efektif bagi produk-produk lokal dan memperkuat jejaring pemasaran.
 
 
Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Unand Padang Alfi Asben mengatakan kegiatan ini bertepatan dengan Dies Natalis ke-16 Fakultas Pertanian Unand.
 
 
Beberapa kegiatan yang dilakukan antara lain pengabdian masyarakat di Kecamatan Tanjung Raya dan Kecamatan Matur, seperti pemutihan kulit kacang Matur, peningkatan kualitas produk gula semut, pembinaan UMKM dan penyerahan bibit aren.
 

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2024