Banjarmasin (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) meluncurkan nama Si Suban sebagai maskot pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 di daerah itu.

“Maskot Si Suban terinspirasi dari ikon Kota Banjarmasin, yakni bangunan menara pandang siring yang menjadi salah satu tujuan kunjungan wisatawan,” kata Ketua KPU Banjarmasin Rusnailah usai peluncuran Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin 2024 di halaman Balai Kota Banjarmasin, Sabtu malam.

Dia menyebutkan Si Suban merupakan singkatan dari  “Suara Urang Banjarmasin”, sekaligus juga diluncurkan jingle pilkada “Ayo ke TPS” untuk bersama memilih pada 27 November mendatang.

“Kami juga menghadirkan musisi papan atas Budi Doremi untuk ikut menyosialisasikan Pilkada 2024. Pada peluncuran pilkada malam ini tidak hanya sekedar tahapan, tetapi bagian dari sosialisasi kepada masyarakat agar terlibat dan menyuarakan hak pilihnya,” tuturnya.

Rusnailah menjelaskan, KPU Banjarmasin telah melakukan berbagai persiapan menjelang puncak pilkada pada November, bahkan telah merekrut panitia pemilihan tingkat kecamatan sebanyak 25 orang, dan tingkat kelurahan sebanyak 150 orang yang tersebar di 52 kelurahan.

Pada 13-24 Juni, lanjutnya, KPU Banjarmasin akan membentuk petugas pemutakhiran data pemilih, yang akan bertugas mendatangi rumah warga untuk validasi dan memeriksa data sesuai yang sudah diterima KPU.

“Ada sebanyak 490.012 data pemilih potensial untuk berpartisipasi pada pemilihan wali kota dan wakil wali kota, juga untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur,” ujarnya pula.

Rusnailah menekankan pihaknya berkomitmen menyukseskan penyelenggaraan Pilkada 2024 di Banjarmasin sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Karenanya, dia meminta seluruh pihak mendukung setiap tahapan sosialisasi dan datang ke TPS untuk memilih pada 27 November mendatang.

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina menyatakan pemerintah daerah selalu siap bersinergi dengan KPU Banjarmasin beserta instansi lainnya untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkada 2024 di daerahnya.

“Kita sukseskan Pilkada 2024 dengan sebaik-baik ya untuk keberlanjutan pembangunan Kota Banjarmasin,” tutur Ibnu Sina.
 
 
Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina (ketiga kanan) dan Ketua KPU Banjarmasin Rusnailah (ketiga kiri) beserta unsur forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) saat meluncurkan “Si Suban” sebagai Maskot Pilkada 2024 di halaman Balai Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Sabtu (8/6/2024) malam. (ANTARA/Tumpal Andani Aritonang)

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2024