Pangkalpinang (ANTARA) - PT Timah Tbk melakukan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kurikulum Merdeka di SMKN 1 Sungailiat Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, guna mendukung dunia pendidikan yang berkualitas di wilayah operasional perusahaan itu.

"Kegiatan ini untuk mendukung program P5 yang merupakan bagian dari kurikulum merdeka," kata Kepala Divisi Human Capital PT Timah Tbk Fikha Lutfi dalam keterangan pers yang diterima ANTARA di Pangkalpinang, Minggu.

Ia mengatakan PT Timah terus mendukung dunia pendidikan melalui beragam program, tidak hanya memberikan beasiswa, peningkatan sarana dan prasarana pendidikan formal dan informal tetapi juga mendukung kegiatan pembelajaran di sekolah.

"Kegiatan P5 kali ini mengusung tema Kebekerjaan dengan topik Personal Branding 'Aku Adalah Ekspresiku' untuk memotivasi para pelajar untuk meraih apa yang telah dicita-citakannya," ujarnya.

Baca juga: Kurikulum Merdeka dan tantangan implementasi P5
Baca juga: Tim kurator pastikan pilihan buku sastra masuk kurikulum sesuai P5


Kepala Sekolah SMKN 1 Sungailiat Nina Erlina mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari program P5. Dengan mengusung topik personal branding diharapkan nantinya para pelajar dapat mengenali potensi yang mereka miliki, memetakan minat bakatnya sehingga nanti sekolah bisa mengarahkan.

"Kegiatan ini juga bagian dari para pelajar mengamalkan pancasila. Tema kebekerjaan 'Aku Adalah Ekspresiku' ini, kami mau anak-anak mengenali bakat minatnya, cita-cita, dia harus tahu aku ini siapa dan mengekspresikannya bagaimana sehingga bisa timbul personal branding-nya," katanya.

Menurut dia banyak siswa yang saat ini sekolah hanya sekadar sekolah tapi belum memiliki tujuan yang jelas.

"Kami maunya anak-anak mengenal potensi mereka dan kami mendampingi, dengan kenal dirinya dan potensi sehingga nanti sekolah bisa mengarahkan dan anak-anak bisa melejitkan prestasinya," katanya.

Baca juga: Kemenko PMK sosialisasikan modul P5 tentang jaminan sosial pada siswa
Baca juga: SPK Indonesia: Sekolah internasional terapkan profil Pelajar Pancasila


Ia mengapresiasi PT Timah yang telah mendukung kegiatan P5 di sekolah mereka. Menurutnya, tidak hanya itu saja, para siswa sekolah itu juga kerap magang di PT Timah.

"Antusias siswa semangatnya luar biasa, tadi mereka mendapatkan banyak wawasan baru, sehingga dapat menginspirasi mereka bisa punya banyak pilihan baik bekerja, berwirausaha, atau melanjutkan kuliah. Atau mungkin bisa menekuni ketiga hal ini," katanya.

Salah satu siswa Aprilia Azzahra kelas XI jurusan manajemen perkantoran mengatakan, kegiatan P5 kali ini seru sekali karena bisa menginspirasi dirinya untuk memiliki tujuan dalam hidup.

"Seru banget bisa menginspirasi, saya jadi dapat wawasan untuk menentukan tujuan hidup, cara bagaimana bisa mengakses kemampuan kita," katanya. 

Baca juga: Rektor: Profil Pelajar Pancasila wujud pembelajaran sepanjang hayat
Baca juga: Jambore Ibu Pertiwi dorong siswa miliki profil Pelajar Pancasila

Pewarta: Aprionis
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2024