Jambi (ANTARA) - Pemerintah Kota Jambi dan Pemerintah Singapura membahas peluang kerja sama strategis terkait promosi pariwisata hingga pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Penjabat Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih dalam keterangan yang diterima di Jambi, Minggu, mengatakan ia menggelar pertemuan dengan Mayor of South East District Singapore Fahmi Aliman dan menyepakati kerja sama penguatan kebudayaan melayu dan promosi agenda pariwisata di dua kota tersebut.

Baca juga: Pj Wali Kota Jambi ajak pejabat dan ASN bayar zakat melalui Baznas

Selain itu, kata Sri, dia juga menggelar pertemuan dengan Deputi Kementerian Luar Negeri Singapura untuk membicarakan keberlanjutan program Singapore Cooperation Programme (SCP) yang telah berlangsung selama satu dekade di Kota Jambi.

Pada 2023, Pemkot Jambi mengutus puluhan ASN untuk mendapatkan pelatihan mengenai pelayanan publik di Singapura.

Selanjutnya, Pemkot Jambi mempersiapkan kerja sama strategis lainnya dengan berbagai Polytechnic di Singapura.

Pemkot Jambi juga melaksanakan penandatangan pembaruan Letter of Intent (LOI) antara Pemerintah Kota Jambi dengan Temasek Polytechnic Singapore.

Kota Jambi pada 2024, mengirimkan delegasi untuk mengikuti pelatihan Drone Mapping di Singapura.

Baca juga: Menparekraf dan pelaku ekraf Kota Jambi bahas majukan usaha

Baca juga: Pemkot Jambi siap tampilkan budaya daerah pada Festival Cap Go Meh


Selain melakukan upaya-upaya untuk memperkuat hubungan kerja sama Kota Jambi dengan Pemerintah Singapura, Pemkot Jambi juga menjalin kerja sama dengan lembaga internasional lainnya.

Pj Wali Kota Sri bertemu dengan CEO CityNet, yaitu asosiasi dan organisasi internasional pemangku kepentingan perkotaan terbesar yang berkomitmen terhadap pembangunan berkelanjutan di kawasan Asia Pasifik.

Pertemuan khusus ini untuk mendiskusikan tentang potensi bantuan negara donor, baik fisik ataupun nonfisik bagi Kota Jambi.

Pewarta: Tuyani
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2024