Cirebon (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, menyebutkan solusi untuk mengatasi permasalahan banjir rob di kawasan pesisir Kecamatan Losari dengan melakukan normalisasi sungai serta pembuatan tanggul.
 
“Solusi yang kami lakukan adalah normalisasi sungai sepanjang kawasan Losari dan membuat tanggul,” kata Penjabat Bupati Cirebon Wahyu Mijaya dalam keterangannya di Cirebon, Minggu.
 
Menurut Wahyu, pada pekan kemarin kawasan tersebut sempat dilanda banjir rob, sehingga membuat aktivitas masyarakat menjadi terganggu.
 
Berdasarkan hasil tinjauannya, banjir rob ini disebabkan kondisi aliran sungai di Kecamatan Losari mengalami sedimentasi.

Baca juga: Cegah rob, Ditpolairud Polda Jabar tanam mangrove di pesisir Cirebon
 
Kemudian saat air laut pasang, kata dia, limpasannya tidak tertampung dan akhirnya masuk ke permukiman warga.
 
“Kondisi tanggul sungai juga mempengaruhinya, yang membuat air rob mudah limpas ke permukiman masyarakat,” ujarnya.
 
Ia memastikan dalam waktu dekat proses penanganan banjir rob ini mulai dilakukan, dengan menggandeng sejumlah instansi terkait khususnya Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung.
 
Menurut dia, penanganan tersebut difokuskan dengan membangun serta memperbaiki kembali tanggul-tanggul pada beberapa daerah aliran sungai (DAS) yang kondisi sudah rusak.

Baca juga: Moeldoko beri perhatian khusus pada banjir rob Cirebon
 
“Kami sudah melakukan rapat koordinasi bersama BBWS Cimancis-Cisanggarung untuk membahas permasalahan banjir rob yang ada di wilayah pesisir Kabupaten Cirebon,” katanya.
 
Wahyu menekankan bahwa penanganan persoalan banjir ini bukan hanya di Kecamatan Losari, tetapi juga dilakukan di beberapa pantai yang ada di wilayah Kabupaten Cirebon.
 
Selain melakukan penanganan, pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan terutama di sepanjang aliran sungai.
 
Ia menyampaikan bahwa masyarakat perlu terlibat aktif dalam merawat kondisi aliran sungai, karena saat ini beberapa titik yang terjadi pendangkalan akibat sedimentasi.

Baca juga: Rob memperparah banjir di Cirebon
 
“Langkah kecil yang berdampak besar misalnya tidak membuang sampah ke sungai. Kita perlu menjaganya agar tidak terjadi pendangkalan,” ucap dia.

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024