Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel) melalui Dinas Lingkungan Hidup menggelar aksi bersih dan penanam pohon sekaligus melaksanakan apel pagi dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024.

Wakil Bupati Luwu Timur Mochammad Akbar Andi Leluasa membuka kegiatan yang dilaksanakan di Pantai Lemo, Kecamatan Burau, Minggu.

“Saya sangat mengapresiasi para pihak baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat yang saling bahu-membahu mensukseskan kegiatan ini. Ini adalah bentuk kepedulian kita bersama dalam menjaga kebersihan dan lingkungan di sekitar di area pantai,” ujarnya.

Baca juga: Aktivis lingkungan Polewali Mandar gelar aksi bersih pantai

Mochammad Akbar berharap kegiatan ini tidak hanya dilakukan pada momentum tertentu namun dapat berkelanjutan.

“Saya berharap para pemangku kepentingan dan masyarakat agar rutin melaksanakan aksi bersih pantai demi menjaga kenyamanan pengunjung yang datang menikmati keindahan Pantai Lemo Burau ini,” ujar Akbar.

Baca juga: Pj Gubernur Gorontalo lakukan aksi bersih pantai

Selain itu, dia juga mengajak untuk bersama-sama menjadikan kegiatan ini juga sebagai momentum penting bagi semua untuk merenungkan, memperkuat komitmen, dan mengambil tindakan nyata dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup.

Sebelumnya, Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Zudan Arif Fakrulloh bersama warga melakukan kegiatan penanaman pohon eboni dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia di sekitar Taman Nasional Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulsel, Sabtu (8/6).

Baca juga: Forkopimda Natuna gotong royong bersihkan sampah di pantai

Ia menjelaskan acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan dan melestarikan keanekaragaman hayati di kawasan taman nasional.

"Kegiatan ini diharapkan dapat menambah tutupan vegetasi dan memperkuat fungsi Taman Nasional Bantimurung sebagai paru-paru hijau," katanya.

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024