Jakarta (ANTARA) - Dokter lulusan Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh dr. Farhan Zubedi menyatakan bahwa butuh waktu dua sampai empat minggu untuk menentukan efek dari sebuah pembersih wajah (facial wash) yang digunakan cocok atau tidak pada kulit.

“Kalau face wash ada kandungan AHA, PHA dengan aku asumsi ini konsentrasinya rendah, karena ini face wash itu dua sampai empat minggu biasanya baru kelihatan. Tapi kalau pakai ampoule atau serum itu empat sampai delapan minggu (efeknya baru kelihatan) dari banyak penelitian,” kata Farhan dalam konferensi pers di Jakarta, Minggu.

Pria yang juga menjalani profesi sebagai konten kreator kesehatan tersebut menuturkan langkah pertama untuk mengetahui cocok tidaknya pembersih wajah yang digunakan dapat dimulai dari menghilangkan seluruh pemakaian produk perawatan kulit (skin care).

Mulai dari pelembab, serum, ampoule, toner, sheet mask sampai exofiliating pads semuanya butuh dihentikan sementara supaya dapat benar-benar dipastikan apakah kulit menjadi lebih sehat dan bersih memang berasal dari efek pembersih wajah atau produk lainnya.

Baca juga: Kiat memilih sabun wajah dan membersihkan wajah dengan tepat

Baca juga: Pembersih dengan bahan minyak lebih efektif hilangkan riasan


Kalaupun ingin menggunakan produk lain, ia menyarankan agar pengguna hanya menggunakan pelembab setelah membersihkan wajah.

Hal selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan melihat efek jangka pendek dan panjangnya. Bila kulit mengalami kemerahan, timbul rasa gatal hingga iritasi, produk tersebut dapat dikatakan tidak cocok untuk jenis wajah penggunanya.

Sementara untuk jangka panjangnya, pengguna dapat memastikan kondisi kulit wajahnya di pagi hari.

“Ketika bangun pagi dilihat, kulitnya berminyak sekali atau kering sekali. Jadi dua itu, malamnya setelah pakai, paginya dilihat lagi, itu akan kelihatan. Pokoknya hilangkan semua skin care dulu agar kita tahu efeknya berasal dari mana,” ujar medical doctor itu.

Dalam kesempatan tersebut Farhan turut menjelaskan bahwa pembersih wajah memiliki fungsi yang berbeda dengan serum. Pembersih wajah hanya ditujukan untuk membersihkan kulit wajah dari berbagai kotoran yang menempel selama berkegiatan.

Sementara serum merupakan salah satu produk kecantikan yang fungsinya ditujukan untuk mencapai keinginan penggunanya. Misalnya supaya warna kulit jauh lebih merata, tidak kusam dan lebih terhidrasi.

“Jadi manfaat serum itu sebenarnya lebih ke setelah pembersih wajah. Tapi biasanya untuk tahu cara kerjanya bagaimana itu berdasarkan penelitian untuk produk perawatan pribadi yang paling banyak itu rentang empat sampai delapan minggu,” ujar Farhan yang kini juga sedang merintis karir sebagai seorang penyanyi itu.

Baca juga: Farmakolog sebut kekurangan bersihkan wajah pakai tangan dan sabun

Baca juga: Saat cuci wajah jangan terlalu lama pada satu titik

Baca juga: Tip cantik, sesuaikan pembersih wajah dengan tipe kosmetik

 

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2024