Jakarta (ANTARA) - PT Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL) bersama Indonesian Conservation Institute (ICI) melaksanakan transplantasi 500 bibit karang di Pantai Grand Watu Dodol, Banyuwangi, Jawa Timur sebagai bentuk komitmen menjaga ekosistem laut.
 
"Sebagai perusahaan shipping logistik yang bergantung pada kesehatan laut, kami merasa memiliki tanggung jawab untuk berkontribusi nyata dalam melestarikan terumbu karang. Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat memperbaiki ekosistem yang rusak, mendukung biodiversitas laut," kata Head of ESG PT SPIL Andri Theja dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.
 
Kegiatan yang dilakukan bertepatan dengan peringatan Hari Laut Sedunia pada 8 Juni tersebut turut menggandeng masyarakat lokal melalui Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Pesona Bahari yang merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan.
 
Menurut dia, kegiatan itu turut sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG), khususnya dalam menjaga ekosistem laut, dan mencegah perubahan iklim.
 
Lebih lanjut Direktur ICI Ziadatur Rizqiyah mengatakan kondisi terumbu karang di Pantai Grand Watu Dodol, memiliki tutupan karang hidup yang cukup baik dan dapat dikategorikan dalam kondisi ekosistem yang sehat, serta stabil.

Baca juga: SPIL sebut biaya operasional di TPK Jayapura-Papua alami penghematan
 
Ia menjelaskan pihaknya bertanggung jawab untuk pemilihan tempat, metode transplantasi, dan bibit karang, serta menjalin kerja sama dengan kelompok masyarakat setempat guna menyukseskan upaya menjaga ekosistem laut tersebut.
 
"Proyek transplantasi ini merupakan bentuk dukungan terhadap ekosistem terumbu karang alami di Pantai Grand Watu Dodol. Monitoring akan selalu dilakukan oleh ICI guna memantau kondisi kesehatan dan kelangsungan hidup karang, serta melakukan tindakan tambal sulam jika ada bibit karang yang mati," katanya.
 
Selain itu menurut dia, ICI juga memiliki program edukasi lingkungan yang mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam upaya mempertahankan atau menyelamatkan ekosistem pesisir dan laut.

Baca juga: SPIL dorong penetrasi digitalisasi pelayaran di 10 wilayah

Baca juga: Raja Ampat butuh 107 tambat labuh untuk kelestarian terumbu karang

Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2024