Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan video di TikTok menampilkan dua orang pria mengenakan setelan jas lengkap dengan backdrop bunga khas pernikahan yang dinarasikan sebagai pernikahan sesama jenis di Wonosobo pada 11 Mei 2024 lalu.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Astagfirullah. Pernikahan sesama jenis.. Wonosobo #11-Mei-2024”

Namun, benarkah video pernikahan sesama jenis di Wonosobo tersebut?

 

Unggahan video yang menarasikan pernikahan sesama jenis di Wonosobo. Faktanya, Kemenag Wonosobo menyatakan narasi judul dalam video tersebut tidak sesuai dengan kejadian aslinya.  (TikTok)
Penjelasan:

Dilansir dari akun Kemenag Wonosobo, penghulu KUA Kecamatan Mojotengah, menyatakan narasi judul dalam video tersebut tidak sesuai dengan kejadian aslinya. 

Kemenag Wonosobo menjelaskan kronologi sebenarnya dalam video bahwa benar pada Sabtu, 11 Mei 2024 di Kediaman mempelai wanita di Desa Kalibeber, RT 003/RW 008, Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo, telah berlangsung akad nikah.

Dalam waktu yang sama terdapat dua pasang (dua laki-laki dan dua perempuan) yang melangsungkan pernikahan. Diketahui mempelai perempuan adalah saudara kandung atau kakak dan adik, jadi pernikahan dilangsungkan pada hari dan tempat yang sama.

Adapun konsep pelaksanaan akad nikah yaitu antara mempelai wanita dan laki-laki tidak dijadikan dalam satu meja, dalam arti dipisahkan tempat. Namun, masih dalam majelis yang sama, sesuai dengan ketentuan syariat Islam.

Setelah Ikrar akad nikah selesai, mempelai laki-laki dan mempelai perempuan selanjutnya dipertemukan pada satu tempat untuk menandatangani buku nikah dan dokumen lainnya serta dilanjutkan penyerahan buku nikah. Dalam hal ini ada dua pengantin laki-laki dan dua pengantin perempuan.

Setelah penandatangan dan penyerahan buku nikah selesai prosesi akad berakhir dan dilanjutkan dengan resepsi oleh pihak keluarga dan penyelenggara pernikahan. 

Klaim: Video pernikahan sesama jenis di Wonosobo

Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Video tepung gorengan campur narkoba

Cek fakta: Hoaks! Video dalam pesawat turbulensi Singapore airlines 21 Mei

Baca juga: Waria nikah dengan pria Kediri ditetapkan sebagai tersangka penipuan

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
COPYRIGHT © ANTARA 2024