Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik kemarin menjadi sorotan, mulai dari Partai Golkar kuasai 18 persen kursi DPR RI hingga Indostrategic yang menilai interaksi Anies dan PDIP adalah upaya penjajakan.

Berikut rangkuman ANTARA untuk berita politik kemarin yang menarik untuk kembali dibaca:

1. Partai Golkar sebut kuasai 18 persen kursi DPR RI

Wakil Ketua Umum Pemenangan Pemilu DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan bahwa partai tersebut menguasai 18 persen kursi DPR RI dengan mengamankan 102 kursi di Pemilu 2024.

“Alhamdulillah, di bawah kepemimpinan Ketua Umum Airlangga Hartarto, Golkar menguasai 18 persen atau mendapatkan 102 kursi DPR dari seluruh kursi yang diperebutkan. Angka ini fantastis karena perolehan kursi Golkar naik 17 kursi dibandingkan Pemilu 2019,” kata Doli dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Minggu.

Ia mengatakan, melejitnya perolehan kursi DPR RI dari partai berlambang pohon beringin itu karena dilengkapi kemenangan kader Golkar di sidang perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK).

Baca selengkapnya di sini


2. Ketua MKMK ajak mahasiswa tidak acuh terhadap politik

Ketua Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) Republik Indonesia I Dewa Gede Palguna mengajak mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) tidak acuh terhadap politik sebagai upaya mewujudkan kesejahteraan negara.

"Politik kesejahteraan merupakan bagian penting dari pengamalan sila-sila yang ada pada Pancasila," kata Palguna dalam Seminar Nasional Viva Legislativa yang digelar oleh Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) Undiksha di Auditorium Kampus Tengah Undiksha Singaraja, Bali, Minggu.

Baca selengkapnya di sini


3. Anggota DPR: Parpol harus didik masyarakat sadar berdemokrasi

Anggota DPR RI Aria Bima menyatakan partai politik harus mampu mendidik masyarakat memiliki kesadaran dalam berdemokrasi menyusul pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 dalam waktu dekat.

"Demokrasi di sini adalah cara kita dalam menjalankan pemilihan pemimpin yang betul-betul jadi hajatan publik bukan hajatan elite, bukan hajatan partai," katanya pada Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Solo, Jawa Tengah, Minggu.

Ia mengatakan justru partai politik harus memfasilitasi masyarakat untuk menjalankan pesta demokrasi sehingga masyarakat bisa menentukan jalannya pemilihan.

Baca selengkapnya di sini


4. Komisi I harap Prabowo suarakan Palestina di forum internasional

Anggota Komisi I DPR RI Dave Laksono berharap Menteri Pertahanan sekaligus Presiden terpilih Prabowo Subianto dapat menyuarakan isu Palestina di forum internasional.

"Prabowo diharapkan dapat membawa suara Indonesia dengan tegas dan berpengaruh dalam forum internasional tentang Palestina," katanya dihubungi di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya baca di sini


5. Indostrategic: Interaksi Anies dan PDIP adalah upaya penjajakan

Direktur Eksekutif Institute for Democracy & Strategic Affairs (Indostrategic) Ahmad Khoirul Umam menilai interaksi Anies Baswedan dan PDI Perjuangan (PDIP) yang saling mengirim sinyal terkait potensi kerja sama di Pilkada Jakarta, merupakan bagian dari upaya penjajakan.

“Meskipun Anies dan PDIP berada pada gerbong yang berbeda secara politik maupun ideologis di Pilkada DKI Jakarta 2019 dan Pilpres 2024, namun di Pilkada Jakarta 2024 ini, bisa jadi kedua entitas ini dipertemukan oleh kepentingan yang sama,” kata Ahmad dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Menurutnya, kerja sama itu bisa menjadi simbiosis mutualisme bagi kedua belah pihak. PDIP yang kehilangan tiket emas dan dominasinya di politik lokal Jakarta, membutuhkan kekuatan tambahan untuk berhadapan dengan pemenang Pemilu 2024 yang akan memegang kekuasaan.

Baca selengkapnya di sini

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2024