Zhengzhou (ANTARA) - Malaysia Airports Holdings Berhad (MAHB) telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan China Henan Aviation Group Co., Ltd (CHAGC) yang bertujuan untuk meningkatkan konektivitas kargo udara dan logistik antara Malaysia dan China. 

Zhang Mingchao, Sekretaris Partai sekaligus Ketua Dewan Direksi di China-Yuzhou Aviation Group, mengatakan bahwa pembangunan China-Malaysia Aviation Hub Project akan menjadi titik awal untuk memperkuat kerja sama strategis antara industri penerbangan sipil kedua negara

Tujuannya agar dapat melayani dan berintegrasi dengan lebih baik ke dalam pembangunan berkualitas tinggi dari "Inisiatif Satu Sabuk Satu Jalan" (One Belt, One Road/OBOR), dan terus memperluas jaringan logistik penerbangan ke seluruh dunia. 

Menurut "Nota Kesepahaman" tersebut, China Yu Aviation Group dan Malaysia Airports Holding Company akan memanfaatkan keunggulan masing-masing, yakni pembukaan dan enkripsi rute kargo internasional Zhengzhou-Malaysia, sambil membangun "dua stasiun" yang terletak di Zhengzhou dan Kuala Lumpur untuk mendirikan terminal kargo luar negeri bersama.

Juga secara bertahap meningkatkan perangkat lunak, perangkat keras, bea cukai, juga fasilitas dan layanan pendukung lainnya di kedua bandara, menciptakan koridor logistik udara yang efisien, serta memberikan layanan terbaik di kedua bandara guna mewujudkan saluran logistik udara yang efisien dan bersama-sama membangun pasar kargo udara antara China dan Malaysia.

Terminal kargo luar negeri adalah stasiun yang dibangun di sejumlah bandara di luar negeri untuk menyediakan layanan operasi darat seperti bongkar muat, pergudangan, bea cukai, serta transit untuk barang-barang impor dan ekspor.

Dengan menghubungkan jendela kargo udara melalui rute reguler dan mengintegrasikan "jaringan udara + jaringan darat + jaringan sumber kargo", terminal ini dapat memberikan layanan yang aman, efisien, dan murah kepada pelanggan.

Malaysia merupakan mitra dagang terbesar kedua sekaligus sumber impor terbesar pertama China di ASEAN, yang terletak di pusat pasar baru potensial ASEAN dan area pertumbuhan yang tinggi, dengan jaringan rute udara yang mencakup pasar utama di dunia tersebut dan kawasan RCEP, serta memiliki kondisi yang istimewa untuk pengembangan kargo udara.

Pasar kargo udara Malaysia relatif stabil, dan kedekatannya dengan Singapura memberikan keuntungan transit tersendiri, sehingga memungkinkannya memanfaatkan perjanjian hak udara bilateral untuk secara fleksibel mengerahkan kargo masuk dan keluar sesuai dengan perubahan permintaan pasar, dan secara signifikan meningkatkan efisiensi arus kargo.

Dengan kemajuan proyek ini, Bandara Zhengzhou akan segera dibuka untuk jalur kargo durian Kuala Lumpur, dan sebagai basis untuk secara aktif memperkenalkan makanan laut, bunga, dan barang-barang khusus lainnya yang berasal dari Malaysia, Indonesia, dan wilayah tetangga, guna melayani pertukaran ekonomi dan perdagangan antara Henan dan kawasan RCEP.

Sepanjang tahun ini, Bandara Zhengzhou telah membuka dan mengenkripsi lebih dari 10 rute kargo baru dari Zhengzhou ke Frankfurt, Chicago, Atlanta, Dallas, Mexico City, dan sejumlah rute kargo lainnya.




 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
COPYRIGHT © ANTARA 2024