Jakarta (ANTARA) -
Suku Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Administrasi Jakarta Selatan menata saluran air dan penerangan jalan umum di 90 Rukun Warga (RW) di wilayah tersebut.
 
"Total ada 90 RW yang perlu dilakukan penataan," kata Kepala Suku Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Jakarta Selatan, Imam Bahri di Jakarta, Senin.
 
Penataan dilakukan berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 90 Tahun 2018 tentang Peningkatan Kualitas Permukiman Dalam Rangka Penataan Kawasan Permukiman Terpadu.
 
Imam menyatakan kegiatan utama yang menjadi fokus antara lain penataan saluran, pengaspalan dan penerangan jalan umum.

Baca juga: Jakpus tata Jalan Petojo Enclek XIV berkonsep alam dan kota global
 
Selain itu ada pembuatan Jembatan Antar Kampung, polisi tidur (speed bump) dan cermin cembung yang memang bersentuhan dengan RW-RW yang padat penduduk. "Salah satu kelurahan yang ditata RW-nya adalah Kelurahan Petogogan," ujarnya.
 
Lurah Petogogan, Nina Permata mengatakan, pihak kelurahan beserta RT, RW dan masyarakat setempat memberikan apresiasi atas perbaikan yang telah dilakukan oleh Suku Dinas (Sudin) PRKP Jakarta Selatan.
 
"Manfaatnya telah dirasakan oleh warga Kelurahan Petogogan, salah satunya aliran air kini semakin lancar," ujar Nina.

Penataan di RW 02 Kelurahan Petogogan 
dilakukan pada 2022, yakni perbaikan saluran air sepanjang 1.200 meter dan 2023 kurang lebih sepanjang 700 meter disertai pembangunan dan perbaikan jalan.

Baca juga: Pemkot Jaksel gencarkan penataan kawasan melibatkan kelurahan
 
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mewajibkan sebanyak 267 kelurahan melakukan program penataan kawasan yang tertuang dalam Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 1278 Tahun 2021 tentang Rincian Tahapan dan Daftar Kinerja Pada Jabatan Camat-Lurah.
 
Dana penataan kawasan tersebut berasal dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait dan warga sekitar.
 
Atas kinerjanya, enam lurah dan tiga camat mendapatkan hadiah dari Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono berupa studi banding ke luar negeri sebagai bentuk penghargaan atas keberhasilan menata kawasannya dengan taman dan ruang terbuka hijau (RTH).

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2024