Changsha (ANTARA) - Generasi ketiga dari kereta sepur sempit yang dikembangkan secara independen oleh China Railway Rolling Stock Corporation (CRRC) untuk Layanan Kereta Listrik (Electric Train Service/ETS) Malaysia, akan beroperasi di rute pesisir barat Malaysia, dengan total panjang rel sekitar 950 kilometer.

Kereta ETS3 itu akan secara signifikan meningkatkan kapasitas penumpang dan efisiensi pengoperasian dalam jaringan angkutan kereta lokal, mendorong modernisasi angkutan kereta Malaysia.

Menurut Ren Zewen, seorang perancang kelistrikan dari CRRC Zhuzhou Locomotive Co., Ltd., kereta ini mengadopsi formasi enam gerbong, dengan kapasitas 312 tempat duduk, kecepatan 160 kilometer per jam, dan radius putar minimum 100 meter.

Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, kereta ini memiliki tenaga yang lebih kuat dan kapasitas baterai yang lebih besar, papar Ren.

Kereta ini dilengkapi dengan sistem bantuan masinis pintar yang dapat memberikan strategi kemudi yang lebih ekonomis berdasarkan analisis pintar terhadap lingkungan jalur. Performa keselamatan kereta ini dalam situasi tabrakan dan kebakaran sudah mencapai tingkat lanjut di level internasional.

Kerja sama Sabuk dan Jalur Sutra berstandar tinggi antara China dan Malaysia telah menghasilkan pencapaian besar di bidang perkeretaan, yang memberikan keuntungan besar bagi kedua negara dan masyarakatnya, kata Menteri Transportasi Malaysia Anthony Loke Siew Fook dalam upacara peluncuran tersebut. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
COPYRIGHT © ANTARA 2024