Jakarta (ANTARA) - Tim Indonesia dalam kondisi prima saat akan menghadapi Malaysia dalam ajang perebutan lambang supremasi tenis beregu putra dunia Piala Davis Group III Asia/Oceania 2024 di Amman, Yordania, Senin.

Hal itu diungkapkan kapten tim Suharyadi yang menjelaskan bahwa semua pemain, yakni Anthony Susanto, Tegar Abdi Wibowo, Gunawan Trismuwantara, Nathan Anthony Barki, dan Christopher Rungkat, siap turun di nomor tunggal, maupun ganda.

"Kita mengharapkan tim kita saat menghadapi Malaysia bisa menang dan anak-anak bisa memberikan yang terbaik di lapangan. Kondisi dan performa pemain semua dalam keadaan sehat dan semua siap tanding dan all out," ujar Suharyadi melalui pesan instan kepada ANTARA dari Jakarta, Senin.

Total 10 negara akan bertanding dalam Piala Davis Group III Asia/Oceania 2024, yakni Indonesia, Iran, Yordania, Malaysia, Arab Saudi, Singapura, Suriah, Thailand, Vietnam, dan Pacific Oceania.

Format pertandingan akan berjalan dengan 10 tim tersebut diundi untuk masuk dalam dua pool dengan masing-masing berisi lima tim. Round-robin akan berlangsung mulai Senin hingga Jumat dan dilanjutkan dengan play-off yang dimainkan pada Sabtu (15/6).

Baca juga: Timnas tenis putra dan putri bersiap untuk Piala Davis dan Piala BJK

Dari hasil drawing pada Minggu (9/6), Indonesia menghuni grup A bersama dengan Malaysia, Vietnam, Singapura, dan Arab Saudi.

Suharyadi menyebut Vietnam menjadi negara yang perlu diwaspadai karena memiliki kualitas yang hampir sama dengan Indonesia, sama-sama tergelincir ke Group III.

Tim Piala Davis Indonesia harus rela terdegradasi ke Group III -- untuk pertama kalinya dalam sejarah keikutsertaan -- setelah kalah dari Togo pada Februari.

Namun, Vietnam kali ini harus berjuang dengan para petenis muda tanpa kehadiran petenis andalan mereka Nam Hoang Ly. Sementara, Indonesia sendiri juga harus berusaha keras menyusul absennya petenis peraih emas tunggal putra SEA Games Kamboja Muhammad Rifqi Fitriadi karena cedera pinggang, dan masih dalam masa pemulihan.

Tim Davis Indonesia dijadwalkan bertanding melawan Malaysia pada pukul 14.00 waktu setempat atau sekira pukul 18.00 WIB, dimulai dengan partai tunggal pertama, dilanjutkan dengan partai tunggal kedua, kemudian partai ganda.

Baca juga: Tim Indonesia tiba di Yordania bersiap untuk Piala Davis Group III

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024